Rabu, 06 Januari 2016

Menata Prospek Pedagang Kaki Lima

Judul : Dulang Rupiah dari Bisnis Gerobak
Penulis : Deni Handoko
Penerbit : Flashbooks
Cetakan : 1. 2015
Tebal : 216 Halaman
ISBN : 978-602-255-831-
Peresensi  : Ahmad Wiyono*

Tahukah anda, bahwa sesuatu yang besar itu harus dimulai dari hal terkecil, demikian juga sesuatu yang tinggi juga harusdiawali dari anak tangga terbawah. Ini yang sering disebut dengan istilah proses. Menata kehidupan pasti melalui proses panjang yang berliku.

Demikian juga dalam dunia bisnis, usaha dalam bentuk apa pun jelas harus diawali dengan sesuatu yang sederhana, proses memulai usaha memang harus dari hal yang terkecil. Maka disinilah kemudian yang menguatkan pendapat bahwa bisnis tidak harus dalam bentuk yang high clas, namun juga dalam betuk kecil dan sederhana.

Usaha kecil yang sangat akrab diingatan kita adalah Pedagang Kaki Lima (PKL), pengusaha yang biasa disebut bisnisman gerobak ini merupakan bagian dari salah satu bentuk usaha kecil dan mikro yang banyak digeluti oleh masyarakat. Penjual gerobak semacam tiu akan selalu kita jumpai disetiap kota di berbagai daerah di Indonesia. Ini menunjukkan bahwa bisnis gerobak merupakan bisnis kecil yang tak bisa dipandang sebelah mata.

Jangan pernah berfikir bahwa keuntungn pengusaha gerobak sangatlah kecil dan tidak seberapa, anggapan semacam itu hanya akan lahir dari orang yang tak memiliki jiwa bisnis, justru keuntungan besar akan didulang dari bisnis kecil tersebut. Dengan modal yang tidak begitu besar, para pengusaha gerobak ini akan mampu  meraup omzet besar meski pun secara bertahap.

Banyak sekali bentuk usaha kecil yang disajikan dalam bentuk usaha gerobak atau kaki lima. Mulai dari makanan, camilan hingga minuman. Bahkan jenis makanan dan minuman yang disajikan tak kalah saing dengan makanna dan minuman yan disajikan di beberapa restoran besar, ada sebuah ungkapan, tempat boleh kaki kila, tapi rasa bintang lima.

Kekhasan sajian makanan dari pedagang gerobak kadang juga mampu menjadi citra khas kuliner nusantara, ini yang membuat makanan gerobak yang biasa mangkring ditrotoar masih diburu oleh masyarakat dari berbagai level dan stratfikisai sosial. Dan buku berjudul Dulang Rupiah dari Bisnis Gerobak ini menyajikan aneka kuliner nusantara yang dikemas dalam bentuk usaha gerobak. Udsaha kecil, namun mampu mendulang rupiah yang sangat besar.

Bisnis jagung bakar misalnya, usaha ini sangat sederhana, dengan modal yang sangat kecil namun memiliki prospek keuntungan yang sangat tinggi. Tidak merogoh kocek begitu dalam untuk membuka usaha yangs satu ini. Dan peminatnya jelas dari semua kalangan. Maka, bisnis jagung bakar menjadi salah satu tawaran bisnis gerobak yang layak untuk kita pertimbangkan.

Asumsi keuntungan dari bisnis ini adalah jika anda membeli satu jagung mentah seharga Rp.700-Rp.1000, anda bisa menjualnya dengan harga Rp.2000-Rp.3000. harga tersebut tergantung pada rasa jagung bakar yang dipesan konmsumen, seperti rasa pedas, manis pedas, keju, cokelat, dan lain-lain. Singkatnya bisnis ini cukup menjanjikan keuntungan besar. Modalnya kecil, tetapi untungnya besar. Oleh karena itu, bisnis ini layak diperhitungkan (Hal. 72).

Usaha gerobak lainnya yang cukup prospek adalah Bakso dan Mie Bakso. Siapa yang tak kenal dengan makan yang satu ini, hampir dari semua level masyarakat pernah menicipi makanan tersebut. Makanan yang satu ini betul-betul menjangkau semua lapisan masyarakat. Maka usaha ini cukup memberikan harapan besar untuk kebangkitan bisnis anda.

Target pasar dari uasaha bakso dan mi ayam ini adalah semua orang dari berbagai profesi dan usia, baik laki-laki maupun perempuan. Karena itulah prospek usaha ini sangat cerah. Dengan harga yang ditawarkan per porsi berkisar antara Rp.6000-Rp.8000 (untuk produk bakso), Rp.5000-Rp.7000 (mi ayam), serta Rp.8000-Rp.10.000 (mi ayam bakso). Anda berpeluang mendapatkan keuntungan sangat besar dari usaha ini (Hal. 152).

Dan, masih banyak lagi aneka bisnis gerobak yang cukup menjanjikan terhadap kita, sekarang tergantung sejauh manz kita memiliki kemauan untuk memulai usaha kecil tersebut. Jika banyak orang berpendapat bahwa cara paling tepat untuk meraih kekayaan adalah dengan cara berbisnis, maka bisnis gerobak menjadi salah satu cara awal kita untuk meraih dunia tersebut. 

Buku ini secara komplit menyajikan berbagai aneka makaann dan minuman khas  nusantara yang bisa dijadikan pilihan untuk memulai bisnis gerobak tersebut. Tak ada salahnya jika kita hendak mencoba salah satunya, karena keberanian untuk mencoba merupakan pintu nawal untuk meraih keberhasilan.

Selain menyajikan aneka menu  makanan dan minuman serta camilan, buku ini juga dilengkapi dengan model simulasi modal dan keuntungannya, sehingga kita bisa meraba dan meprediksi kebutuhan modal berikut keuntungan yang akan dicapai. Target pasar serta peluang usaha juga tak luput dari uaraian buku ini. Singkatnya, buku setebal 216 halaman ini betul-betul akan membentuk anda menjadi bisnisman sukses. 

*Pengurus Rumah Baca Haidar Pustaka Pamekasan

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons