Selasa, 29 Maret 2016

Ragam Menu Unik Pemicu Selera Makan Anak

Judul : Menu Vaforit Anak
Penyusun : Tim Ide Masak
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Cetakan : 1. 2015
Tebal : 247 Halaman
ISBN : 978-602-03-2433-4
Peresensi : Ahmad Wiyono*

Salah satu problem klasik yang kerap dihadapi anak-anak kita adalah  persoalan selera makan yang sering mengalami naik turun, masalah ini biasanya dialami oleh anak-anak dalam rentang usia 3 hingga 6 tahun. Proses adaptasi dan pertumbuhan organ tubuh anak biasanya menjadi salah satu alasan terjadinya pasang surut nafsu makan tersebut.

Orangtua terutama ibu kadang harus melakukan berbagai macam cara dan upaya untuk bisa mnegatasi problem tersebut. Mulai dari tindakan praktis seperti “memaksa” dengan terus memberi makan pada mereka, hingga tindakan medis dengan cara memberikan vitamin penambah nafsu makan. Semua itu dilakukan hanya untuk normalisasi selera makan anak-anak tersebut.

Sebenarnya, ada cara efektif untuk memancing selera makan anak agar sesuai dengan standart asupan makanan mereka, yaitu, dengan menyajikan polarisasi jenis makanan atau minuman yang variatif, termasuk dengan model presentasi makanan yang serba unik. Hal itu sangat mungkin memancing selera makan mereka secara bertahap.

Buku Menu Vaforit Anak ini nampaknya bisa dijadikan referensi bagi para ibu rumah tangga yang mmiliki problem dengan selera makan anak. Di  dalamnya ada ratusan menu unik dengan sajian yang sangat menarik, sehingga dengan mudah diminati oleh anak-anak, hal ini mengingat anak sangat peka terhadap tampilan-tampilan yang menarik termasuk dalam hal makanan.

Buku yang disusun oleh Tim Ide Masak ini memuat sekitar 200 resep makanan unik yang sangat mugkin memancing selera makan mereka, selain unik, seluruh resep dalam buku tergolong praktis dan sehat, sehingga para ibu bisa menyajikannya setiap saat kepada sang buah hati. 

Seperti Nasi Tomat Ikan Goreng, menu ini tergolong sangat praktis, karena dalam proses pembuatannya hanya membutuhkan bahan sederhana, seperti beras, tomat dan ikan segar. Setelah itu dimasak dengan cara sederhana pula, namun disajikan dengan cara yang sangat unik. Keunikan tampilan inilah yang pada akhirnya mengikat selera anak-anak kita. 

Ratusan menu unik yang diurai dalam buku terbitan Gramedia ini betul-betul menjadi jawaban atas segala problem ibu-ibu dalam menghadapi pasang surutnya selera makan anak. Presentasi makanan, termasuk minuman dan makanan ringan yang dimuat dalam buku ini menampilkan pesan jenaka yang dengan mudah ditangkap oleh anak-anak. Dengan begitu, selera makan akan terdongkrak dengan sendirinya tanpa harus dipaksa.

Selain itu, tawaran menun unik yang disuguhkan buku ini juga sangat memperhatikan kebutuahn dan keseimbangan gizi anak-anak yang memanag dibutuhkan oleh tubuh mereka. sehingga sangat mungkin bermanfaat bagi tumbuh kembang mereka serta kesehatan dan kekebalan tubuh anak-anak itu sendiri.

Buku setebal 246 halaman ini berisi lebih dari 100 resep-resep sarapan pagi yang juga bisa untuk bekal sekolah sang buah hati, serta ada juga resep-resep hidangan selingan dan hidangan dessert yang disukai anak. Ujungnya, nafsu dan selera makan anak bisa maksimal dan  normal sesuai dengan standart makan mereka.

Tulisan ini dimuat di Harian Kabar Pantura, 29 Maret 2016

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons