Minggu, 17 Januari 2016

Siapa di Balik Tragedi G 30 S

Judul : Mengurai Kabut Pekat Dalang G30S
Penulis : Herman Dwi 
Penerbit : Palapa
Cetakan : 1. Agustus 2015
Tebal : 212 Halaman
ISBN : 978-602-255-942-9
Peresensi : Ahmad Wiyono

Satu dari sekian banyak peristiwa bersejarah yang pernah terjadi di negeri ini adalah peristiwa pemberontakan 30 September, tragedi ini populer disebut dengan G.30 S/PKI. Di mana persitiwa tersebut merupakan puncak pemberontakan sekelompok orang yang bekakangan disebut sebut Partai Komunis Indonesia (PKI).

Tragedi dahsyat yang pernah terjadi di awal awal kemerdekaan bangsa Indonesia tersebut terus menyedot perhatian bangsa, utamanya ketika sudah memasuki bulan Sepetember seperti saat ini, hal itu dikarenakan tragedi 30 September tersebut terjadi dan mengakibatkan gugurnya banyak pejuang di negeri ini. Sehingga orang selalu mneyebut tragedi itu sebagai tragedi kemanusiaan yang dahsyat.  Meski demikian, peristiwa 30 september masih menjadi tanda Tanya besar  bagi segenap bangsa Indonesia. Sebagian besar orang selalu mempertanyakan siapa actor utama dalam peristiwa maut tersebut.

Untuk mengungkap fakta perihal siapa dalang dibalik peristiwa tersebut, Herman Dwi Sucipto melakukan studi komperhensif sekaligus bedah data yang kemudian berwujud dalam sebuah buku berjudul Mengurai Kabut Pekat Dalang G 30 S. dalam buku ini penulis menguari secara lugas perihal dugaan keterlibatan sejumlah pihak dalam peristiwa yang memakan korban beberapa jenderal dan pejuang negeri ini.

Ada beberapa data dan fakta tentang sejumlah pihak yang diduga kuat mejadi otak kerusuhan 30 September dimaksud, dalam buku ini penulis tidak segan segan mengungkap hal tersebut, pengungkapan fakta tersebut tentu berdasar dari beberbagai sumber terpercaya, termasuk melalui studi komperhenif yang dilakukan penulis dalam kurun waktu yang relative lama.

Fakta yang paling populer yang diangkat dalam buku ini terkait actor dibalik tragedi 30 September tersebut mengerucut pada kelompok PKI, hal itu diungkap oleh penulis berdasar sejumlah fakta yang mengkaitkan keterlibatan utuh PKI dalam pemberontakan tersebut. Setidaknya, jika diusut dari awal mula terbentuknya PKI hingga pada kesan konspirasi kelompok PKI untuk menguasai negeri ini.

PKI sebagai dalang G 30 S merupakan versi yang paling popular bagi seluruh rakyat Indonesia. Boleh dikatakan bahwa kisah mengenai PKI sebagai otak dari gerakan 30 September sudah melekat di ingatan dan hati sanubari seluruh rakyat Indonesia. Seluruh rakyat Indonesia diwajibkan menonton filem kolosal tentang G 30 S PKI dengan tujuan mengenang para pahlawan revolusi (Hal. 128).

Namun demikian, buku ini juga menyajikan data keterlibatan sejumlah pihak dalam tragedi tersebut, secara detil penulis menyajikian data satu persatu pihak yang diduga kuat menjadi bagian dari actor kerusuhan itu, seperti sebagain perwira AD yang juga diduiga menjadi actor kerusuhan. 

Selain itu, Presiden Soeharto juga disebut sebut menjdai bagian dari actor kerusuhan 30 September, hal ini mencuat seteah W.F. Werthein mengeluarkan sebuah artikel  berjudul “Soerharto and the Untung Coup The Missing Link” (1970). Bahkan, yang sangat mengejutkan adalah adanya dugaan keterlibatan pihak Amerika serikat melalui CIA.

Hadirnya buku ini setidaknya bisa membuka tabir kelam tentang tidak tuntasnya kasus kerusuhan 30 september yang selama ini masih menjadi perhatian serius bangsa Indonesia. Setidaknya, publik sudah bisa membaca tentang siapa sebenarnya actor penting dari kerusuhan tersebut. Untuk selanjutnya bisa memhami apa sebenarnya akar persoalan tragedi yang telah menggugurkan seumlah pejuang itu.

Herman Dwi Sucipto betul betul memberi angin segar kepada seluruh bangsa Indonesia, bahwa dalang dari tragedi kemnusiaan tersebut memang layak untuk diaungkap demi memberikan pelajaran penting bagi sgenap rakyat di nusantara ini. Penulis memberanian diri untuk mencari titik terang di wilayah abu abu.



Tulisan ini dimuat di Harian SM


0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons