Kamis, 10 Maret 2016

Merajut Kebahagiaan Hidup Sepanjang Tahun

Judul : Happiness Every Day
Penulis : Safiya Hussain
Penerbit : Zaman Jakarta
Cetakan : 1. 2015
Tebal : 345 Halaman
ISBN : 978-602-1687-74-1
Peresensi : Ahmad Wiyono

Salah satu mimpi besar manusia hidup di dunia ini adalah bisa menggapai kebahagiaan, kebahagiaan yang lahir dari segala deminsi kehidupan, mulai dari hal yang sederhana hingga sesuatu yang bersifat urgen, seperti kebahagiaan dalam keluarga, hingga kebahagiaan dalam merajut  ukhuwah antar sesama manusia.

Semuah pepatah mengatakan, seseorang yang gagal membuat perencanaan, berarti dia telah merencanakan kegagalan, satu motto hidup yang tentu akan betul-betul dialami oleh setiap manusia yang secara sengaja atau pun tidak, telah gagal merencanakan sesuatu, termasuk di dalamanya adalah perencanaan hidup selama satu tahun.

Tak bisa dipungkiri bahwa seseorang yang hendak menggapai hakikat kebahagiaan hdup dalam menjalani selama setahun,  harus diawali drai proses perencanaan yang matang, time schedule selama setahun penuh tentu menjadi acuan penting seseorang bisa meraih makna kebhagiaan yang sebenarnya. Maka, bukan sesuatu yang baru lagi, ketika setiap manusia diharuskan memeiliki rencana masa depan yang baik, demi tercapainya kebahagiaan hidup.

Resep jitu untuk bisa menyusun rencana kebahagiaan setiap hari selama satu tahun diurai dalam buku karya Safiya Hussain berjudul Happiness Every Day ini. Buku ini menjadi resolusi dalam meggapai bahtera kebahagiaan hidup selama satu tahun penuh. Di dalamnya, berisi tentang tips dan solusi-solsui cerdas yang bisa dilakukan mulai dari hari pertma di tahun anyar, hingga di penguhujung tahun.

Salah satu uraian dalam buku ini adaah seputar trik mengambil langkah-langkah praktis untuk meraih kebahagiaan, langkah-langkah dimaksud merupakan strategi dasar dalam menyiasati segala seluk-beluk kehidupan di dunia. Sehingga segala urusan yang ada bisa dilakukan dengan baik, toh kendati terdapat masalah-masalah, dengan mudah diatasi dan dicarikan jalan keluarnya. Itulah salah satu kunci kebahgiaan yang bisa dirajut oleh manusia.

Selalu menjaga dan merawat diri baik secara rohani mau pun jasmani juga menjadi pintu masuk untuk bisa menggapai kebahagiaan hidup, salah satunya adalah dengan melakukan olahraga secara rutin. Kegiatan ini memang terkesan sepeleh, namun ingatlah, bahwa jiwa yang sehat terdapat pada tubuh yang sehat pula. Maka, kesehatan menjadi salah satu penentu diraihnya kebahagiaan.

Berolahragala hari ini, paksa diri anda untuk bangun dan belari pagi atu bersenam. Sebuah penelitian ilmiah menyatkan bahwa olahraga adalah salah satu faktor terpenting yang bisa membuat kita bahagia. Beberapa zat kimia dalam tubuh –seperti endorfin- mengalami peningkatan secara drastis setelah aktifitas olehraga, dan memberi anda perasaan bahagia. Biasanya mereka yang rajin berolahraga akan lebih sehat, terlihat lebih ramping, berfikir lebih jernih dan bisa tidur lebih nyenyak (Hal. 21).

Selain olahraga, hal penting lainnya yang harus dilakukan untuk menggapai kebahagiaan hidup adalah olah jiwa, kegiatan ini merupakan sebuah proses interaksi antara seorang hamba dengan sang Kholik. Pola interaksinya dilakukan dengan beberapa praktek ubudiyah yang secara langsung bisa dilakukan manusia, mulai dari Shalat, dzikir dan serangkaian ibadah lainnya. Semuanya itu akan bermuara pada ketentraman jiwa manusia.

Spirit utama pelaksanaan kegiatan ubidiyah sendiri adalah teraihnya ridla sang Rabb, hal itu menjadi orientasi muthlak dalam setiap pergerakan ubudiyah umat manusia. Selebihnya hanya merupakan implikasi dari orientasi Ridla Allah tersebut. Sehingga, inilah yang nantinya akan bermuara pada terbentuknya ketentraman dan kebahagiaan jiwa dan raga manuia.

Berusahalah mengejar keridlaan Allah sepajang hari ini, sebagaimana yan dia katakan bahwa tidak akan ada yang bisa membuat kita lebih berbahagia dari pada ini. Jangan lewatkan waktu shalat, sempatkan mengucapkan kata-kata baik tentang Allah, berbuat baik kepada sesama, bersyukur atas karunia-Nya, terus mempercayainya dalam masa-masa sulit, dan menahan diri dari dosa, ini semua akan diridloi Allah (Hal. 61).

Merajut kebahagiaan hidup setiap hari selama satu tahun penuh tentu bukan sesuatu yang tidak mungkin, dan buku ini menjadi jawabannya. Buku setebal  345 halaman ini sangat kaya dengan resep dalam meraih kebahagiaan tersebut. Merawat pergerakan jasmani dan rohani tentulah menjadi kunci kebahagiaan itu sendiri. 

Tulisan ini dimuat di Harian Kabar Madura, 08 Maret 2016

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons