Senin, 18 Januari 2016

Jagat Pemikiran Para Psikolog Dunia

Judul : Buku Pintar Pemikiran Tokoh-Tokoh Psikologi
Penulis : Eka Nova Irawan
Penerbit : IRciSOD
Cetakan : 1. 2015
Teal : 304 Halaman
ISBN : 978-602-255-969—6
Peresensi : Ahmad Wiyono

Khazanah keilmuan global tidak akan lepas dari para pemikir-pemikirnya, lahirnnya penemuan-penemuan mutaakhir akan selalu berbanding lurus dengan munculnya ilmuwan-ilmuwan dunia yang kompeten dengan bidangnya masing-masing. Salah satunya adalah pemikir-pemikir tentang dunia psikologi, dunia telah mencatat serentetan nama-nama terkenal yang mengisahkan para pencetus sekaligus ahli psikologi tersebut.

Secara epistimolois, psikologi merupakan ilmu yang mempelajari gejala jiwa dan pengaruhnya terhadap seseorang, tentu dengan beragam teori dan tema yang dimunculkan oleh para tokoh-tokoh psikologi itu sendiri. Makanya, cara pandang atau perspektif tokoh psikologi tersebut yang pada akhirnya menjadi penentu tema dan konsep psikologi bahkan buah pemikiran tentang bagaimana kehidupan manusia beserta isinya bisa tertata dengan baik.

Untuk membaca jagad keilmuan para psikolog dunia, buku ini rasanya cukup representatif dijadikan landasan literatis, mengingat catatan Eka Nova Irawan ini begitu detil mengupas pergerakan pemikiran para tokoh psikologi mulai dari zaman klasik hingga era modern. Sedikitnya ada 29 tokoh piskologi yang berhasil dirangkum dalam buku setebal 304 halaman ini.

Cakupan bahasan yang dituang dalam buku terbitan Ircisod ini tidak lebih pada seputar gagasan dan pemikiran para tokoh psikologi dunia, dengan mengangkat isu seputar pengaruh gagasan dan ide tokoh-tokoh tersebut terhadp perkembangan dunia global. Khususnya dalam kaca mata kelimuan. Selain itu, untuk mendekatkan pembaca dengan para tokoh psikologi tersebut, buku ini juga dilengkapi dengan biografi singkat para tokoh sekaligus ilmuan tersebut.

29 tokoh yang dijadikan sampel dalam buku ini tentu kita yakini bukanlah tokoh sembarangan, mengingat kontribusi pemikiran mereka sudah tidak diragukan lagi terutama dalam perkembangan peradaban dunia serta pertumbuhan ilmu pengetahuan, dengan basic dan latar belakang yang nyaris tidak sama, 29 tokoh psikologi yang diangkat di buku ini mencerminkan keunikan dan keragaman pemikiran yang berkontribusi luar biasa.

Plato misalnya, tokoh filsuf yunani kuno ini nyaris tak ada yang tak mengenalnya, apalagi masyarakat akademik sudah sangat akrab dengan nama sekaligus pemikiran-pemikirannya. Dia merupakan salah satu tokoh yang buah pemikiran psikologinya diangkat dalam buku ini, bahkan berada di urutan pertama. Pemikiran psikologi Plato mencakup hubungan jiwa dengan tubuh, rasional dan irasional serta relasi manusia dan lingkungan.

Menurut Plato, Jiwa bersifat abadi. Oleh karena itu, jiwa tidak material. Berbeda denga jiwa, tubuh itu material dan fana. Jadi, sifat jiwa dan tubuh dapat dikatakan antipodal dan oposisi biner. Hal ini merupakan sebuah paradox klasik. Kita pantas untuk mempertanyakan bagaimana sesuatu yang tidak material dan abadi (jiwa) dapat bersatu dengan sesuatu yang bertolak belakang (tubuh)? (Hal. 14).

Begitu sekilas cara pandang plato  tentang hubungan jiwa dengan tubuh. Pandangan psikologis Plato di atas menjabarkan tentang relasi jiwa dengan tubuh manusia, yang secara psikologis memiliki perbedaan yang nyata dan luar biasa. Setidaknya dalm konteks abadi dan tidak abadi. Untuk itu, Plato memberikan pelajaran penting bagaimana membangun sinergi antara kedua hal yang tidak sama tersebut, untuk sesuatu yang bersifat jangka panjang.

Selain memuat silsilah ketokohan dan pemikiran para ilmuan barat yang rupanya telah menjadi ikon pemikir dunia, seperti Plato, Aristoteles dan sederet nama ilmuan lainnya, buku ini juga tak lupt menhadirkan tokoh-tokoh dari timur tengah, semisal Ibnu Sina yang kita kenal dengan ilmu kedokterannya, ada juga Abu zaid yang dikenal sebagai Matematikawan sekaligus dokter. Semua diulas lengkap dengan jagad pemikirannya serta pengaruhnya terhadap dunia pengetahuan global.

Membaca buku ini, sama halnya kita menyelami jagad kelimuan para tokoh yang luar biasa tersebut. Buah pemikiran serta gagasan keilmuan mereka sudah menjadi rujukan khazanah ilmu pengetahuan dunia hingga saat ini. Buku Pintar Pemikiran Tokoh-tokoh Psikologi dari Klasik sampai Modern ini layak untuk dijadikan bacaan wajib oleh seluruh masyarakat yang cinta terhadap ilmu pengetahuan, terutama masyarakat akdemik yang setiap hari bergelut dengan gagasan dan pemikrian para 


Tulisan ini dimuat di Harian Radar Surabaya

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons