Rabu, 13 Januari 2016

Strategi Hidup Sehat dan Panjang Umur

Judul buku : Sehat Tanpa Dokter
Penulis : Mehmet C. Oz. M.D & Michael F. Roizen, M.D
Penerbit : B first (PT. Bentang Pustaka)
Cetakan : Februari 2015
Tebal :432 Halaman
ISBN : 978-602-1246-26-9
Peresensi : Ahmad Wiyono

Setiap orang tentu menginginkan hidup sehat, karena kesehatan menjadi salah satu faktor penentu kebahagiaan hidup setiap mahluk yang bernyawa, terutama manusia sebagai mahluk paling sempurna di muka bumi. kata pepatah, “kesehatan memang bukan segalanya, namun segalanya menjadi tidak berarti tapa kesehatan”.

Kesehatan sendiri bisa dicapai apabila manusia memiliki kemuan untuk meraihnya, karena kesehatan sangat bergantung pada perilaku dan cara hidup manusia itu sendiri. Itulah sebabnya, setiap orang yang berharap hidup sehat, pasti harus diikuti oleh cara dan gaya hidup yang sehat pula. Cara dan gaya hidup sehat itulah yang kita sebut dengan pola hidup sehat.

Ada banyak pola hidup sehat yang bisa dilakukan oleh manusia untuk mencapai kesehatan, mulai dari pola makan sehat, olah raga teratur dan seabrek pola lainnya yang bisa dijadikan rutinitas manusia. Termasuk beberapa strategi hidup sehat yang tertuang dalam buku berjudul Sehat Tanpa Dokter ini, buku ini mengungkap rahasia hidup sehat secara mudah dan murah.

Adalah Mehmet C. Oz. M.D seorang dokter tervaforit di Amerika, serta Michael F. Roizen, M.D Penulis Kesehatan Bestseller. Keduanya yang merupakan penulis buku ini, menggambarkan bahwa tubuh manusia tak ubahnya seperti rumah. Bisa kita bayangkan, bagaimana rumah akan menjadi indah dan enak ditempati pabila pemiliknya selalu merawat dan memeliharnya. Demikian halnya dengan kesehatan tubuh kita. Apabila kita rawat dengan baik, maka pasti tubuh kita akan nyaman karena selalu dalam kondisi sehat.

Pada akhirnya, kami ingin Anda nyaman dengan tubuh anda sendiri sehingga anda akan merasa yakin dengan pemeliharaan dasar tubuh  sehingga anda akan menghindari hal-hal yang menimbulkan banyak kerusakan yang disebabkan oleh kecelakaan dan melakukan hal-hal yang dapat menunjang pemeliharaan terbaik yang bernilai jangka panjang bagi tubuh anda. (hal. 12).

Buku ini merangkum beberapa cara cara sederhana yang bisa dilakukan oleh manusia untuk menjaga dan meningkatan kesehatannya, Sehat Tanpa Dokter menjadi gambaran bahwa Kesehatan manusia bisa dicapai apabila manusia memilki keseriusan untuk merawat tubuhnya sebagai simbol kehidupan manusia. Dan manusia bisa merawat kesehatan tanpa harus bergantung pada tindakan medis. 

Diantara cara cara sederhana yang bsia dilakukan manusia untuk merawat kesehatan adalah dengan melakukan pernafasan yang teratrur dan dilakukan secara rutin, cara ini memang sngat sepeleh, tapi dampaknya sangat besar utamanya terhadap paru paru kita. Sementara kita tahu, paru-paru merupakan organ penting kesehatan manusia. Menjaga kesehatan paru paru sama halnya merencanakan hidup awet muda dan panjang umur.

Saran kami, ambil nafas dalam dalam sebanyak sepuluh kali pada pagi hari, sepuluh kali pada malam hari, dan sebanyak mungkin yang anda butuhkan  saat melakukan lempar bebas atau setelah mengejar balita anda menelusri gang di pasar swalayan. (Hal. 173).

Selain itu, cara lain yang terkesan lebih sederhana adalah dengan membiasakan bercengkrama dengan tumbuh tumbuhan, sepeleh dan sangat sederhana, kita cukup mendatangi kebun bibit kemudian menikmati suasana hijau di kebun tersebut, maka disaat itulah manfaat kadar oksigen terhadap tubuh kita akan terasa dengan sangat sempurna. Ini memang bukan sesuatu yang baru, tapi jarang sekali orang melkaukan cara klasik dan sederhana ini.

Cukup sederhana, tumbuh-tumbuhan meningkatkan kualitas udara karena mereka menghasilkan oksigen di dalam ruangan, dan memindahkan bahan bahan pencemar dari udara. Satu kajian NASA membuktikan bahwa tumbuhan philodendros, spider plant, dan golden pothos adalah yang paling efektif. (Hal. 175).

Belajar cara hidup sehat secara sederhana adalah cara terbaik untuk merawat kesehatan, dan Buku setebal 432 Halaman ini secara lengkap mengulas cara-cara sederhana tersebut, maka jika kita bisa menerapkan pola hidup sehat dengan cara gampang mengapa harus mencari yang sulit, buku ini hadir untuk menyadarkan kita semua bahwa sebenranya kesehtan itu sangat mudah dan 



Tulisan ini dimuat di Majalh Puspa edisi Agustus 2015






0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons