Kamis, 02 Maret 2017

Pembelajaran Inovatif Berbasis Hypno Learning

Judul : Dahsyatnya Spitual Hypno Learning
Penulis : Rustan Ibnu Abbas
Penerbit : Emir
Cetakan : 1. 2016
Tebal : 184 Halaman
ISBN : 978-602-0935-48-5
Target dari setiap proses pembelajarn adalah melahirkan peserta beajar yang mampu menyerap seluruh atau minimal sebagian besar pengetahuan yang ditrasnformasikan dalam kegiatan belajar tersebut, ini yang kemudian menjadi salah satu indikator kesuskesan belajar.

Dalam setiap kegiatan pembelajaran, setiap orang tentu memiliki gaya dan strategi belajar yang beragam, hal itu dimaksudkan untuk mencapai keberhasilan dalam belajar. Dengan demikian, tekad dan kesungguhan masing-masing orang dalam melakukan aktifitas belajar menjadi kata kunci berhasil tidaknya orang tesebut dalam menyerap ilmu pengetaguan yang sedang dipelajari.

Buku ini memuat beberapa ragam metode dan strategi belajar yang dipayungkan paa teori Hipnosis. Secara mendasar teori hypnosis adalah cara mengajak jiwa dan perasaan manusia untuk tertuju pada satu titik, baik ajakan itu dari luar mau pun dari dalam jiwa kita sendiri. Sederhanya, hypnosis berupaya menyatukan jiaa dan pikiran manusia pada satu hal yang sedang dipikirkan atau dikerjakan.

Biasanya, dalam kondisi terhipnotis pikiran seseorang akan semakin fokus pada hal-hal tertentu yang menjadi perhatiannya. Dalam keadaan tersebut, manusia akan lebih sugestif pada informasi atau sugesti yang diberikan orang lain. hal tersebut dijadikan moment oleh ahli hipnotis untuk memberikan motivasi dan terapi kepada orang yang dihipnotis (Hal. 11).

Kaitannya dengan motivasi, seseorang yang sudah termotivasi untu belajar, maka proses dan kegiatan belajarnya tentu akan meningkat. Pikiran manusia yang terhipnotis kemudian termotivasi untuk belajar, secara langsung bisa berdampak pada aktifitas belajarnya yang terus meningkat. Maka, motivasi inilah sebenarnya yang menjadi penting, dan motivasi ini bisa didapat salah satuya dengan hipnosis terapi tersebut.

Dalam kegiatan pembelajaran, motivasi berperan sangat penting sebagai langkah awal yang akan memacu aktifitas-aktivitas berikutnya. Dengan motivasi, seseorang berupaya memusatkan pikiran, perasaan emosional, atau segi fisik dan unsur psikisnya kepada sesuatu yang menjadi tumpuan perhatiannya (Hal. 59).

Implikasi lain dari motivasi belajar aalaah konsistensi seseorang terhadap waktu yang dimiliki, mereka sama sekali tidak menyia-nyiakan waktu yang ada, justeru sebaliknya, waktu selalau dimanfaatkan untuk kegiatan belaja dan hal-hal yang beguna lainnya. Motivasi yang lahir dari hypnosis terapi tenyata juga menghasilkan jiwa-jiwa manusia yang mampu mengorganisir waktu.

Buku ini juga merangkum beberapa teknik belajar efektif yang bisa dipraktikkan oleh setiap kita dalam rangka meraih kesuksesan belajar, teknik-teknik itu antara lain dengan membentuk kelompok belajar, merangkum setiap pelajaran, disiplin dalam belajar, aktif betanya, mengembangkan materi yang sduah dipelajari, membiasakan belajar dalam kondisi tenang, dan beberapa teknik lainnya.

Jika kita bisa mempraktikkan teknik-teknik di atas, maka sukses dalam proses belajar sangat mungkin kita raih. Apalagi jika motivasi dan organisir waktu juga mampu kita pegang dengan sebaik-baiknya. Buku ini sangat baik untuk dijadikan referensi, karena sudah hampir dipastikan, bahwa setiap kita selalu memiliki mimpi untuk meraih sukses dalam setiap proses beajar. 



Dimuat di Harian Kabar Madura



0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons