Selasa, 02 Agustus 2016

Rekam Jejak Dua Umar dalam Satu Tujuan

Judul        : The Great of Two Umar
Penulis        : Fuad Abdurrahman
Penerbit    : Zaman Jakarta
Cetakan    : 1. Juli 2016
Tbal        : 216 Halaman
ISBN        : 978-602-1687-99-4
Sejarah mencatat, ada banyak kholifah di masa awal kejayaan Islam masa lalu yang berhasil menjadi pemimpin sekaligus pengayom tehadap rakyatnya. Keberhasilan itu diraih lantaran mereka betul-betul memahami apa sebenarnya makna jabatan kholifah atau pemimpin kala itu, sehingga otomatis, jabatan yang mereka punya tidak disalah gunakan, bahkan dilaksanakan dengan penuh amanah. 

Begitu kiranya potret dua orang kholifah yang diulas dalam buku berjudul The Great of Two Umars ini. Umar bin al-Kattab dan Umar bin Abdul aziz adalah dua dari sekian banyak kholifah yang berhasil menjadi pemimpin dengan berbekal amanah yang sangat kuat. Kisah ketokohan dua Umar ini dijabarkan secara detil dalam buku ini, mulai sejak masa menjadi rakyat biasa, saat menjadi pemimpin, hingga menjelang wafatnya, semua diulas dengan penuh hikmah.

Keteladanan menjadi pemimpin adalah kata kunci dari keberhasilan dua khalifah ternama ini. Meski mereka hidup dalam waktu dan suasana yang jauh berbeda, namun gaya dan metode kepemimpinannya nyaris sama, tegas, adil dan jujur adalah pondasi dari pergerakan kepemimpinan dua umar sang kholifah tersebut. Berkat ketegasan serta kejujuran itulah, perjalanan kepemimpinannya itu selalu berwibawa, dan disegani oleh semua rakyat serta pejabat kala itu.

Suatu ketika, ada seorang prajurit yang merasa didzolimi oleh Abu Musa al-Asy’ari, prajurit itu dihukum dengan dicukur rambutnya di depan orang banyak. Abu Musa beralasan sang prajurit itu dianggap tidak patuh dan tidak mematuhi komando yang telah dilakukannya. Akhirnya sang prajurit kecewa, diapun mengadu kepada sayyidina Umar. Sang kholifah pun akhirnya mulis surat dan disuruh berikan kepada Abu Musa.

“Semoga engkau selamat, sesungguhnya si fulan telah mengadu kepadaku bahwa engkau telah mencukur rambutnya. Maka, telah kuambil keputusan; bila engkau mencukur ia di depan orang banyak, perkenankan dia mencukurmu di hadapan orang banyak pula, dan bila engkau mencukurnya di tempat sunyi, perkenankan dia mencukurmu di tempat sunyi pula” (Hal. 89).

Sebuah bukti ketegasan sekaligus keadilan seorang kholifah umar.  sama sekali dia mau tahu bahwa Abu Musa adalah seorang pejabat, pihaknya tetap harus memberikan hukuman kepadanya. Inilah yang setiap waktu dilakukannya, bahkan kepada keluarganya sendiri. Tak ada nepotisme dalam kehidupan kholifah Umar bin al-Khattab. Semua harus berlandaskan kejujuran, keadilan dan amanah.

Begitu juga dengan Umar bin Abdul Aziz, ketokohannya begitu sempurna lantaran selalu berlandaskan sikap adil dan jujur, tak jauh berbeda kholifah umar sebelumnya. Bahkan dalam menjalani kehidupan sebagai seorang kholifah, Umar tetap konsisten dengan kondisi kehidupan yang sesunggunya, yaitu tetap memilih hidup sederhana. Dan pilihan itu juga yang membuat kholifah ini tak pernah menyalah gunakan jabatan yang dimlikinya.

Umar kemudian memberikan kebebasan kepada sang isteri untuk memilih, apakah tetap menjadi isteri kholifah dengan resiko menanggung pekerjaan berat namun penghasilan pas pasan, ditambah kurangnya perhatian kepada anak dan isteri. Atau, memilih masa berpisah (Hal. 242).

Lagi-lagi sebuah potret keteladan sebagai wujud amanah terhadap jabatan yang telah disandang. Keluarga pun akhirnya menjadi nomor kesekian lantaran sudah yakin bahwa melayani rakyat yang di pimpin jauh lebih penting dari segalanya itu. Inilah sosok keteladan seorang pemimpin, yang mungkin saat ini sulit untuk kita temui. 

Kisah dua umar yang diulas dengan begitu mendalam dalam buku terbitan Zaman ini memberikan pencerahan bagi semua bahwa ada kunci utama yang semestinya dimiliki oleh setiap pemimpin, yaitu adil, jujur dan tegas. Tentu dengan mengutamakan kepentingan orang yang dipimpinnya. Ada satu tujuan mulia dan kisah dua khalifah ini yaitu tujuan unuk mencapai ridla Allah melalui senyum para rakyatnya.



0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons