Senin, 01 Agustus 2016

Kidung Hikmah Hadis Sahih Inspirasi Bulan Suci

Judul        : Al-Hikam Al-Nabawiyah
Penulis    :     Samih Abbas
Penerbit    : Zaman
Cetakan    : 1. 2016
Tebal        : 302 Halaman
ISBN        : 978-602-1687-91-8
Betapa banyak orang berpuasa hanya mendapatkan lapar dan dahaga, dan banyak orang shalat hanya mendapatkan lelah dari shalatnya (HR. Al-Baihaqi dan ibn Khuzaimah)

Begitulah salah satu petikan hadis Nabi yang diulas dalam buku berjudul Al-hikam Al-Nabawiyah karya Samih Abbas. Buku ini menjadi bagian penting dari pergerakan umat islam utamanya dalam merefleksi substansi ibdah yang dilakukan selalma ini. Pesan penting yang tetuang dalam buku ini adalah resolusi kesempurnaan ibadah, agar ibadah tidak hanya menjadi simbol ritual keagamaan semata.

Ibadah puasa dan shalat menjadi salah satu contoh yang diulas dengan begitu mendalam, sehingga digambarkan betapa puasa hanya melahirkan lapar dan dahaga,  sedangkan shalat hanya melahirkan lelah dari shalat itu sendiri. Dengan demikian, ada roh ibadah yang tidk bisa ditangkap dari setiap ghirah pelaksanaan ibadah itu sendiri.

Buku ini hendak menyodorkan sesuatu yang lebih penting dari sekedar menjalankan ritual, yaitu substansi dari pelaksanaan ritualitas keagamaan itu sendiri. Apa dan bagiaman ritual itu bisa memiliki imlikasi ibadah yang nyata, itu yang menadi salah satu isi dari kidung-kidung hadis nabi yang diurai dalam buku terbitan Zaman ini. Termasuk juga di dalamnya adalah ajaran tentang bagaimana menjadi hamba yang baik, hamba yang benar dan hamba yang mendapat ridla dari sang Khaliq.

Ada sekitar 146 hadis yang dijabarkan dalam buku setebal 302 halaman ini, semuanya memuat untaian hikmah yang diharapkan menjadi spirit bagi penyempurnaan ibadah umat manusia, termasuk penghambaan yang total atas Tuhan yang maha kuasa. Buku ini membahas multi tema dalam kehidupan ini, hampir semua segmen kehidupan tercover dalam kumpulan hadis-hadis sahih ini.

Dari Fadhalah ibn Ubaid ra., ia mendengar Rasulullah saw bersabda, “beruntunglah orang yang mendapat hidayah Islam. Hidupnya cukup sesuai kebutuhan dan dia menerimanya dengan kanaah {HR. Ahmad dan At-Tirmidzi}.

Hidup sederhana adalah hidup yang cukup. Hadis ini mendorong kita untuk rida dan kanaah menerima kondisi sederhana. Hadis ini menjelaskan keutamaan seorang muslim yang menerima kehiduan dunianya demi mendapatkan surga abadi. Orang yang berada dalam keadaan ini,  maka dia telah mendapatkan ketenangan hidup di dunia, sekaligus mendapatkan masa depan akhirat yang baik yakni surga (Hal. 53).

Salah satu ajaran islam yang sangat penting untuk dipraktikkan umat manusia adalah kelapangan hati untuk menerima apa adanya, sesuatu yang jelas telah menjadi anugerah dari yang maha kuasa, sekecil dan sesederhana apa pun. Maka dalam uraian di atas, kemampuan manusia untuk bersifat kanaah, berani dan tegar mejalani apa yang dimilikinya merupakan hidayah yang diberikan-Nya kepada umat islam, meski tak banyak orang yang bisa mendapatkan itu semua.

Barangkali bukan  sesuatu yang mudah, bahkan dibilang sangat sulit. Apalagi di tengah derasnya godaan materialistik yang menggebu-gebu. Kanaah,  menerima apa adanya adalah sesuatu yang sangat berat untuk bisa dipraktikkan. Namun demikian bukanlah sesutau yang tidak mungkin selagi manusia mau untuk berusaha dan mengamalkannya. 

Seandainya jika seseorang memiliki satu lembah emas, dia tentu lebih senang jika memiliki dua lembah. Dan tidak da yang bisa menutup mulutnya kecuali tanah. Allah menerima tobat hamba yang bertobat {HR Muttafaq Alaih}. (Hal. 204).

Beribadah kepada Allah adalah sebuah keharusan bagi umat islam, godaan di sani sini adalah sebuah kenyataan. Maka manusia perlu untuk selalu menjernihkan hati dan pikiran bahwa sesungguhnya ibadah adalah jalan untuk menggapai ridlanya, agar manusia selalu termotivasi untuk meningkatkan kualitas serta kuantitas ibadah itu sendiri. 

Buku ini menjadi inspirasi bulan Ramadan, karena kita tahu Ramadan adalah bulan ibadah, banyak ibadah yang pahalanya dllipatgandakan pada bulan tersebut. Kumpulan hadis yang dirangkum dalam buku ini menjadi solusi kesempurnaan ibadah utamanya dalam menjalani ritual bulan suci, kendati demikian, buku ini layak dibaca sepanjang masa



0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons