Selasa, 02 Agustus 2016

Mengelola Eneergi Positif

Judul        : Dahsyatnya Pikiran Positif
Penulis        : Areya Prabu Firdaus
Penerbit    : Flashbook
Cetajkan    : 1. 2016
Tebal        : 180 Halaman
ISBN        : 978-602-391-192-9
Manusia diciptakan secara sempurna oleh Tuhan, dalam kehidupannya dibekali dengan dua hal mendasar yaitu akal dan nafsu. Dua hal ini secara sistematis terus mendorong manusia untuk melakukan sesuatu yang baik atau sebaliknya. Akal akan mendorong manusia untuk bertindak baik, sedangkan nafsu mendorong manusia untuk berbuat jelek.

Wujud perbuatan baik atau jelek sebenarnya masih ditentukan oleh upaya dari setiap individu yang telah memiliki nafsu dan akal tersebut, akal dan nafsu tidak semata-mayt akan berbuah kebaikan atau kejelekan, namun manusialah yang menjadi penentu akhir perbuatan baik atau jelek itu akan lahir. Disinilah fungsi usaha dan upaya manusia untuk menentukan.

Berfikir positif terhadap segala keadaan yang dihadapi, merupakan salah satu kunci untuk bisa meraih buah dari dorongan akal yaitu perbuatan baik. Dengan berfikir positif, akal akan selalu berkembang secara dinamis, sementara nafsu bisa diredam secara sistematis. Kedahsyatan dampak berfikir positif terhadap keberadaan manusia bisa kita temukan dalam buku berjudul Dahsyatnya Pikiran Positif karya Areya Prabu Firdaus ini. 

Dalam buku ini diurai secara detil beragam dampak yang dihasilkan dari pikiran positif, diantaranya adalah berguna untuk melejitkan Sumber Daya manusia (SDM), sekaligus bisa mendongkrak nilai penjualan bagi kita yang sedang melaksanakan kegiatan usaha dan bisnis. Selain itu, berfikir positif ternyata juga bisa menjadi terapi kesehatan fisik dan psikis umat manusia. Pikiran positif ternyata bisa mendorong hormon yang bisa mepercepat penyembuhan di kala sakit.

Dengan berfikir positif, ada dua manfaat sekaligus yang kita dapat, yaitu hidup bisa sehat, mendukung upaya percepatan penyembuhan. Pasien yang memiliki pikiran positif, optimis bisa sembuh, terbuka pada dokter, dan rileks (tenang) lebih cepat sembuh dibandingkan mereka yang berfikiran negatif, pesimis, dan tidak memiliki gairah harapan hidup. Sehingga, dapat ditegaskan bahwa pikiran positif begitu berpengaruh terhadap proses peningkatan kesehatan seseorang (Hal. 37).

Pikiran positif juga penting untuk dimiliki dan selalu diterapkan oleh seorang pemimpin, hal itu untuk menjaga kewibawaan dan stabilitas kerja para bawahannya. Dengan cara berfikir positif, pemimpin dengan mudah mengatur ritme pekerjaan serta selalu santai dalam menghadapi masalah yang diterima dan diadukan oleh bawahannya. Tak hanya itu, pikiran positif yang dimiliki oleh seorang pemimpin mampu menciptakan iklim kerja yang nyaman bagi bawahannya.

Karena itu penting bagi pemimpin dan manager untuk berfikir positif tentang segala sesuatu yang dan setiap tindakannya, baik di lingkup kantor maupun di luar kantor. Dengan demikian, sesungguhnya berfikir positif harus dimiliki oleh siapapun, baik pemimpin mau pun karyawan. Sebab berfikir positif  -yang oleh seagian orang dianggap sepeleh- sesungguhnya sangat berdampak terhadap diri sendiri dan kemajuan perusahaan (Hal. 48).

Berfikir positif juga menjadikan lingkungan sebagai relasi yang baik, yaitu membuat kita menjadi pejuang yang optimal, ajaklah tim penjualan anda untuk berfikir positif agar memiliki rasa tanggung jawab dan melaksanakan tugasnya secara maksimal. Ajaklah mereka membuat ukuran keberhasilan secara individu dan galilah pikiran mereka agar menemukan cara-cara mereka sendiri untuk mencapai tujuan. Sebab, sebagian orang akan malas ketika hanya diminta kerja keras berdasarkan cara berfikir dan tujuan orang lain. Dengan demikian, berfikir positif juga berarti anda bisa menemukan hal-hal negatif yang mungkin muncul, lalu berupaya mendaptkan cara untuk mengatasinya (Hal. 156).

Sungguh sangat dahsyat dampak pikiran positif bagi kebelangsungan hidup manusia, buku ini menyajikan substansi dari dampak berfikir positif tersebut. kita bisa menemukan banyak hal yang berkaitan dengan kunci keberhasilan, baik sebagai pemimpin, mau pun karyawan biasa melalui pikiran positif tersebut. buku ini tentu layak  dibaca oleh semua kalangan. Mulai dari karyawan hingga seorang atsan. Yakinlah, bahwa merawat pikiran positif akan mampu mengantarkan kita pada gerbang kesuksesan.

Koran Sindo



0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons