Jumat, 03 Maret 2017

Banyak Jalan Menuju Sukses

Judul : Bisnis Berkah dan Sukses Bermodal Katalog
Penulis : Tri Astuti
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Cetakan : 1. 2016
Tebal : 163 Halaman
ISBN : 978-602-03-3439-4
Jika kita menyaksikan ada seseorang yang sukses dalam berbisnis, tentu kita berfikir bagaimana cara dan prosesnya sehingga dia bisa sesukses itu?. Padahal sukses yang mereka raih hari ini adalah buah perjuangan yang “berdarah-darah” yang mereka lakukan di masa lalu. Karena sukses bukanlah sesuatu yang gratis, melainkan harus diperjuangkan dengan sungguh-sungguh.

Seperti kisah Tri Astuti dalam buku berjudul Bisnis berkah dan Sukses Bermodal Katalog ini, perempuan tangguh yang mengawali bisnisnya dengan setupuk kegagalan, puluhan ragam jenis bisnis yang dia geluti sejak muda, ternyata tak satupun yang bisa menjadikannya sebagai orang sukses. Justeru sebaliknya, gagal dan gagal.

Namun dekian, ketegaran dan kegigihannya untuk selalu bangkit dari keterpurukan, pada akhirnya mengantarkannya menjadi seorang bisnisman sukses kala itu. Berbagai inovasi dia lakukan demi menata kembali peluang bisnis yang telah dia jalankan sebelumnya, salah satnya adalah dengan membuat produk pakaian sendiri. Baginya, segala kegagalan dan kendala-kendala yang pernah dialami dijadikan cambuk untuk menggapai keberhasilan di masa yang akan datang.

Berangkat dari kendala-kendala tersebut, saya mulai berfikir lagi, “Kenapa nggak saya bikin produk pakaian sendiri?, setidaknya kalau produk sendiri  saya bisa meminimalkan kendala-kendala yang biasanya terjadi ketika menjual produk orang lain (Hal. 38).

Secara bertahap, bisnisnya mulai tertata dengan baik, berbagai metode dia lakukan untuk mengembangkan bisnis yang dikelolanya itu. Satu hal yang bisa disarikan dari perjalanannya, bahwa jatuh bangun dalam berbisnis adalah seseatu yang pasti dan biasa.

Buku terbitan Gramedia Pustaka Utama ini juga mengurai beberapa pemicu Kegagalan dalam menjalani bisnis dan harus dihindari, diantaranya adalah membuat keputusan saat sedang emosi, belum memliki ilmu pemetaan untung rugi bisnis, dikejar-kejar tagihan Bank dikarenakan terlalu banyak menggunakan modal bisnis dari perbankan. 



Dimuat di Harian Samarinda Pos


0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons