Jumat, 03 Maret 2017

Kisah Para Penjaga Amanah

Judul : Para Pemimpin yang Menjaga Amanah
Penulis : Ahmad Rofi’ Usman
Penerbit : Bunyan
Cetakan :   1. September. 2016
Tebal : 180 Halaman
ISBN : 978-602-291-255-2
Salah satu tantangan tertebrat seorang pemimpin adalah menjalankan amanah yang telah dibebankan kepadanya, banyak sekali godaan dan cobaan yang sewaktu-waktu bisa membuat seorang pemimpin tergelincir dari menjalankan amanah kepemimpinannya tersebut.

Konsistensi menjaga amanah tentu menjadi taruhan keberhasilan kepemimpinan seseorang, karena hal itu akan berdampak secara langsung terhadap kesejahteraan orang-orang yang dipimpinnya. 

Perjalanan sosok para  pemimpin yang konsisten menjaga amanahnya,  bisa kita temukan dalam buku ini, di dalamnya menghimpun sejumlah kisah para khalifah yang begitu hati-hati dalam menjalankan amanah kepemimpinnya. Kisah-kisah para khalifah tersebut tersaji dalam bentuk certita memukau yang begitu mudah dicerna dan diteladani oleh kita semua.

Ada banyak kisah perjalanan para khalifah yang ditulis dalam buku terbitan Bunyan ini, semuanya merupakan tokoh-tokoh pemimpin islam masa lalu yang memiliki kometmen kuat dalam menjalankan amanah, sehingga  mereka sangat disegani oleh para rakyat yang dipimpinnya. Mereka antara lain adalah Mu’awiyah bin Abu Sufyan, Abdul malik bin Marwan, Al-Wahid bin Abdul Malik, Umar Bin Abdul Aziz, Harun Al-Rasyid, Shalahuddin Al-Ayyubi dan beberapa tokoh lainnya.

Wujud nyata kepemimpinan amanah yang telah dilakukan oleh para khalifah itu bisa dilihat dari sejumlah kegiatan dan pengayomannya terhadap rakyatnya. Tak jarang para khalifah itu turun sendiri menemui rakyatnya demi memberikan pelayan dan bantuan kepada mereka. Dalam buku ini juga diulas sejumlah persitiwa-peristiwa menarik perjalanan para khalifah tersebut ketika mendatangi masyarakat  atau rakyatnya.

Buku ini mengurai makna amanah dalam tiga hal, diantaranya adalah amanah kepada Tuhan, kedua amanah kepada manusia, dan yang ketiga adalah amanah kepada dirinya sendiri. Tiga hal ini jika bisa dimiliki oleh seorang pemimpin, maka sudah bisa dipastikan seluruh rakyat yang dipimpinnya akan mengalami kesejahteraan dan kemakmuran. Seluruh kisah para khalifah yang konsisten menjalankan amanah yang diurai dalam buku ini patut untuk diteladani, terutama dalam kondisi krisi kepemimpinan saat ini. 



Dimuat di Harian Analisa

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons