Kamis, 09 Juni 2016

Jatuh Bangun Penyelamatan Yahoo

Judul : Marissa Mayer
Penulis : Nicholas Carlson
Penerjemah : Yuna Tripeni
Penerbit : Bentang Pustaka
Cetakan : Desember 2015
Tebal : 366 Halaman
ISBN : 978-602-291-125-8
Peresensi : Ahmad Wiyono
“Selalu ada perempuan hebat di balik kesuksesan seorang pria”, begitu kata pepatah. Sebuah justifikasi tentang peran seorang perempuan yang tidak bisa diremehkan dalam berbagai aspek kehidupan. Dan itu pula yang dirasakan salah satu perusahaan raksasa dunia bernama Yahoo. 

Peran seorang perempuan bernama Marissa Mayer dalam mengangkat Yahoo dari kebangkrutannya tidak bisa dipandang sebelah mata, salah satu petinggi Google itu berhasil membawa yahoo dari keterpurukan. Keberaniannya membuat sejumlah terobosan telah membuktikan sosoknya sebagai perempuan tangguh yang berhasil mengangkat Yahhoo dari kubang kebangkrutan.

sejumlah keputusan kontroversial lahir dari seorang Mayer, namun demikian seluruh kebijakan tersebut selalu diimbangi dengan optimisme ribuan orang yang ada di sekelilingnya. Itulah sebabnya, hampir dari semua kebijakan Mayer diimbangi dengan strategi jitu yang harus dilakukannya sendiri, dan dilakukan oleh ribuan orang yang ada di sekitarnya.

Buku ini mengisahkan tentang sejumlah terobosan dramatis yang dilakukan seorang Mayer dalam upaya penyelamatan perusahaan dunia tersebut. Mulai dari sistem kerja yang profesional, hingga inovasi ide dan gagasan dalam rangka pengembangan Yahoo. Ini yang menjadikan optimisme ribuan karyawan yahoo terus meningkat sejak Mayer ditarik ke perusahaan itu.

Tahun 2000, adalah puncak kemunduran Yahoo, akibatnya, Yahoo masuk dalam kriteria perusahaan internit yang ketinggalan zaman. Dalam sehari Yahoo harus kehilangan sahamnya hingga Sembilan persen. Satu kondisi yang sangat memperihatinkan dan mengancam keberlangsungan yahoo. Kondisi ini yang pada akhirnya mengharuskan lahirnya keputusan besar demi penyelamtan Yahoo tersebut. dan keputusan itu tidak lain adalah perekrutan perempuan tangguh bernama Marisa Mayer.

Kesempatan itu dimanfaatkan secara baik oleh Mayer, dia mulai melaukan sejumlah gerakan inovatif, dia pun terus melakukan pendekatan dengan sejumlah karyawan yag ada di tempat itu. hal iu untuk melihat secara detil, sejauh mana tingkat loyaltas dan kinerja para karyawan tersebut. 

Kemudian Mayer mengatakan sesuatu tentang bagaimana Yahoo akan kembali menjadi “perusahaan yang sehat” dengan menetapkan sejumlah tujuan  dan menggunakannya untuk mengukur “siapa yang berkinerja baik” dan “siapa yang kesulitan dengan pekerjaannya”. Hanya sedikit yang benar-benar memikirkan apa yang Mayer maksud dengan ucapannya itu (hal. 9).

Gerakan perdana yang dilakukan Mayer tersebut memang sangat tepat, dia hendak mengukur dedikasi sejumlah karyawan di perusahaan itu. Dengan demikian, dirinya bisa mencari problem soulving dari sejulah kejadian yang menimpa Yahoo selama ini. Apalagi semua orang tahu, bahwa kemajuan seuah perusahaan sangat bergantung dari kinerja dan loyalitas orang-orang yang ada ditepat itu.

Selain itu, mayer juga langsung menerapkan pola akademis di lingkungan persahaan ternama itu. Dia hendak menunjukkan kepada semua orang bahwa pekerjaan kantor adalah tugas kantor, dan tidak boleh disangkut pautkan dengan tugas pribadi atau keluarga. Itulah sebabnya, semua urusan kantor haru dikerjakan selama jam kantor dan bertempat di kantor. Sikap Mayer ini menag terkesan keras, tidak sedikit koleganya yang merasa tidak nyaman dan terganggu dengan sikapnya tersebut. Tapi begitulah keputusan Mayer, tidak bisa diganggu gugat.

Kedatangan Mayer “ke dunia Yahoo”, membawa spirit fajar baru bagi perusahaan tersebut. Meski penuh dengan keputusan-keputusan kontroversial, namun hadirnya perempuan Google itu menjadikan yahoo kembali bersinar. Mariisa Mayer sosok perempuan tangguh yang berhasil menyelamatkan yahoo dari kebangkrutan.

Marisaa Mayer datang ke Yahoo seperti seorang pahlawan super, tidak menggunakan jubah, tetapi ada karpet ungu yang digelar untuknya (Hal. 319).


Tulisan ini dimuat di Tabloit Mata Madura, edisi Juni 2016

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons