Kamis, 09 Juni 2016

Pola Asuh Kreatif dengan Permainan Edukatif

Judul : Games Edukatif dan Kreatif Untuk Bayi
Penulis : Budi raharjo
Penerbit : Diva Press
Cetakan : 1. Mei 2016
Tebal :164 Halaman
ISBN : 978-602-279-222-2
Peresensi : Ahmad Wiyono*
Mengiktui tumbuh kembang anak ternyata memliki tantangan tersendiri, diantaranya adalah sifat dan sikap selalu ingin tahu yang muncul secara natural dari setiap bocah . hal tersebut menuntut orang tua  untuk selalu waspada terhadap apa yang diinginkan sang buah hatinya tersebut.

Bermain adalah dunia anak yang tidak boleh tidak harus dilaluinya, dan dunia inilah, yang kadang memerlukan perhatian khusus demi tumbuh kembang mereka ke arah yang lebih baik.  Usia balita adalah usia rentan yang jika tidak diawasi sejara maksimal, maka bisa berdampak negatif terhadap tumbuh kembang mereka. Karena dalam fase ini, anak masih menggunakan insting tanpa akal atau logika.

Kreatifitas orangtua sangat diuji dan penjadi penentu, terutama dalam memlihkan jenis permainan yang seuai dengan karakter atau watak mereka. Buku Berjudul Games Edukatif dan Kreafif untuk Bayi ini adalah solusi bagi setiap orang tua dalam menjalankan pola asuh yang baik terhadap buah hatinya.
Dalam memilih jenis permainan, orangtua harus menyesuaikan dengan perkembangan bayi sehingga ia dapat tumbuh dan berkembang sesuai dengan usianya. Di sampig itu, latar belakang budaya, jenis kelamin, status, dan kesehatan, serta lingkungannnya merupakan hal yang tidak boleh diabaikan dalam menentukan jenis permainan (Hal. 14)

Buku ini mengulas seputar ragam permainan yang pantas dan baik untuk tumbuh kembang bayi, mulai dari permainan untuk bayi usia 0-3 bulan, permainan untuk bayi usia 4-6 bulan, permainan untuk bayi usia 6-9 bulan, serta permainan untuk bayi usia 9-12 bulan. Semua dibahas secara sistematis disesuaikan dengan usia sang bayi itu sendiri.

Terdapat puluhan jenis permainan edukatif yang diulas dalam buku terbitan Diva Press ini, kesemuanya terstruktur berdasar usia dari sang anak. Permainan-permainan yang dibahas dalam buku ini terkenal sangat gampang untuk diterapakn oleh setiap orangtua, tidak hanya itu, games-games yang terdapat dalam buku ini juga diyakini bisa merangsang kecerdasan dan kreatifitas sang bayi.

Seperti permainan Rekam Suara,  jenis permainan untuk bayi berusia 9-12 bulan ini bisa berfungsi untuk melatih kepekaan dan daya ingat bayi. Karena dengan permainan ini, bayi diajak untuk mengulang kata atau ucapan orang tuanya. Dengan begitu, anak bisa meningkatkan daya ingat serta kemampuan berbicara.

Keterampilan yang dipelajari dalam permaian rekam suaraku ya, yakni menocba kemampuan bahasa bayi anda, ia akan dilatih berbicara sehingga dapat meningkatkan kemampuan berbicaranya (Hal. 134-135)

Selain mudah, permainan-permainan yang ada di buku setebal 164 halaman ini tergolong sangat murah, karena tidak membutuhkan banyak alat untuk memainkannya. Hanya membutuhka nkreatifitas oang tua untuk memerankannya. Oleh karena itu, orang tua harus bisa menguasai jenis-jenis permaian  tersebut terlebih dahulu sebelum dipratekkan untuk anak-anaknya.

Buku ini sangat menginspirasi kita semua, tamanya para oragtua dalam rangka menyiapakan pla asuh yang baik benar serta mengadung makna edukasi. Sedereta maina yang ditulis Budi Raharjo dalam buku ini layak untuk dicoba dan dijadikan sarana edukasi dalam poal asuh anak-aak kita yang masih sangat butuh terhadap belaian dan didikan dari orang tua trsebut.


Tulisan ini dimuat di Harian Tribun Kaltim, 05 Juni 2016


0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons