Kamis, 10 Maret 2016

Catatan Mahabbah sang Sulthan al-Auliya


Judul : Surat-surat Cinta Kekasih Allah
Penulis : Abdul Qadir al-Jailani
Penerjemah: Dedi Slamet Riyadi
Penerbit : Zaman
Cetakan : 1. 2015
Tebal : 148 Halaman
ISBN : 978-602-1687-83-3
Peresensi   : Ahmad Wiyono

Syekh Abdul Qadir al-Jailani dikenal sebagai sosok wali yang memilki banyak  kelebihan terutama dalam konteks sufisme. Ketokohannya dalam bidang sufi sudah tak diragukan lagi dikalangan masyarakat muslim, sehingga tak ayal beliau menjadi hamba Allah yang begitu dekat dengan sang kholik. 

Kedekatan beliau kepada Allah menjadikannya hamba yang alim, taat serta zuhud yang luar biasa. Itulah sebabnya, hingga kini beliau selalu disebut sebagai Rajanya para wali. Serentetan makna kecintaan beliau kepada Tuhannya dibuktikan dalam bentuk penghambaan yang total kepada-Nya, selain itu juga beliau wujudkan  dengan lahirnya beragam ilmu  Allah untuk ditransformasikan kepada umat manusia, agar bisa dekat dengan Tuhan.

Buku berjudul  Surat-surat Cinta kekasih Allah ini pada dasaranya merupakan potret kecintaan sang Wali Quthb al-Ghawis kepada sang Pencipta, catatan cintanya tersebut terdokumentasikan dalam ceoretan-coretan surat cinta. Tentu dalam hal ini adalah cinta seorang hamba kepada penciptanya. Sehingga kecintaan Syehkh Abdul Qadir merupakan mahabbah yang menjadi pengikat hubungannya dengan Allah SWT.

Catatan mahabbah Syekh Abdul Qadir al-Jailani dalam buku ini sejatinya hadir sebagai wejangan suci untuk menuntun manusia ke jalan yang diridloi Allah,  semua surat cinta beliau berisikan tuntunan tentang bagaimana manusia bisa menjalani hdup secara benar, sehingga bisa merajut substansi hidup di dunia sebagai bekal untuk hidup di alam keabadian. Ini  sebenernya kata kunci mahabbah syekh Abdul Qadir yang direkam dalam buku terbitan Zaman ini.

Terdapat sekitar lima belas catatan mahabbah Syekh Abdul Qadir dalam buku ini, kesemuanya memuat tentang tema totalitas penghambaanya kepada sang maha Agung,  seperti pada surat pertma yang berjudul “Maqam pertama dan maqam terakhir; ketertarikan kepada al-Haq”, hal ini dimaksudkan bahwa manusia ketika sudah mengatakan cinta kepada Allah, maka dia harus betul-betul total menjadi hamba-Nya.  Sehingga dalam bahasa beliau ketika seseorang sudah mengaku cinta kepada sang pencipta, maka tak ada pintu  untuk yang lain.

Sebuah pendekatan sufistik yang dahsyat dan sangat luar biasa yang dicontohkan beliau dalam surat pertamanya, bahkan tak tanggung-tanggung, titel manusia celaka beliau sandangkan kepada mansuia yang tidak total dalam mencitai Allah, dalam artian masih membuka hati kepada cinta selain Allah. Disinilah substansi mahabbah seorang Abdul  Qadir yang betul-betul tidak sederhana.

Surat lainnya adalah tentang kesempurnaan  pengetahuan spiritual dan kesempurnaan Agama, dalam catatan ini beliau hendak mengingatkan umat manusia, bahwa kunci dalam beragama adalah spiritualitas, karena hal itu nerupakan proses interaksi languang seorang hamba dengan Tuhannya. Makanya, kesempurnaan beragama menjadi pintu masuk kesempurnaan seorang hamba dalam menjalankan tugas kehlolifahan.

Selain dilengkapi dengan ayat-ayat al-Qur’an dalam setiap surat-suratnya, Lima belas catatan mahabbah Syekh Abdul Qadir al-Jailani dalam buku ini juga hadir dengan bahasa yang sangat mudah dipahami, bahkan yang mengagumkan adalah penggunaan diksi yang sangat baik menjadikan surat-suratnya semakin menarik untuk terus disimak. Alhasil, subtasni surat-surat beliau yang berisi rahasia-rahasi ilahi yang menakjubkan serta nasehat berharga kepada kaum mukmin dengan mudah tersampaikan kepada pembaca.

Surat-surat cinta kekasih Allah ini dismpaikan dalam ungkapan-ungkapan yang menyentu nurani, sederet catatan-catatan beliau ini menggambaran pngalaman spiritual yang diraih melalui perjuanganmelawan nafsu dan keteguhan menjalankan ketaatan kepada Allah. Dengan tujuan akhir, lahirnya manusia ulul albab yang total mengabdi kepada sang maha pencipta, demi 


Tulisan ini dimuat di Harian Kabar Madura, 24 Pebruari 2016









0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons