Selasa, 29 Maret 2016

Rahasi Sukses Para Konglomerat Ternama

Judul : Resep Tajir 22 Konglemerat Indonesia
Penulis : Radis Bastian
Penerbit : Laksana
Cetakan :.1. Desember 2015
Tebal : 188 Halaman
ISBN : 978-602-391-025-0
Peresensi : Ahmad wiyono*

Radis Bastian berhasil merangkum puluhan profil Konglemarat yang ada di negeri ini, mereka merupakan sosok –sosok inspiratif yang diyakini Bastian memiliki rekam jejak positif serta perjuangan yang luar biasa. Sedikitnya ada 22 konglemarat yang telah ditulis oleh Radis Bastian dalam buku berjudul Resep Tajir 22 Konglemerat Indonesia ini.

Secara detil, buku ini mengurai seputar biografi, tips serta rahasia sukses para konglemerat yang notabeni telah memiliki perusahaan-perusahaan raksasa, baik yang ada di dalam negeri, atau pun yang ada di manca. Bahkan tak sedikit diantara mereka yang telah mengembangkan perusahaan-perusahaan tersebut, sehingga mereka bisa mengelola puluhan perusahaan dalam satu naungan atau group.

Rekam jejak dan biografi singkat para konglemerat Indonesia  yang diurai dalam buku ini, menjadi inspirasi khusus bagi pembaca, uatamanya yang hendak menata peluang usaha di beberapa linih. Sebab, uraian dalam buku ini tak hanya megisahkan kesuksesan mereka, namun juga seputar jalan terjal mereka dalam melakukan proses usaha itu sendiri.  Mulai dari nol, hingga puncak kesuksesan.

Salah satu tokoh konglemerat yang namanya sudah sangat tenar  adalah Ciputra. Pria kelahiran Parigi, Sulawesi Tengah ini sudah memiliki banyak perusahaan yang tersebar di berbagai penjuru Nusantara, bahkan hingga manca Negara. konglemerat yang meiliki nama asli Tjie Tijien Hwan ini rupanya memilki jiwa enterprenership sejak usia muda, dan terus ia kembangkan hingga betul-betul sukses menjadi pengusaha tajir.

Selain, konsen dengan dunia bisnis, Ciputra merupakan salah satu konglomerat yang memiliki keperdulian khsus terhadap dunia pendidikan, tak heran, jika dia juga mendirikan banyak sekolah sekaligus Universitas Ciputera yang akhir-akhir ini sudah dikkenal sebagai salah satu perguruan tinggi yang sukses mencetak pengusaha-pengusaha baru di negeri ini.

Ciputra buka berarti tidak pernah mengalami masa sulit, ssukses yang dia raih hari ini ternyata merupakan buah dari pahit getirnya perjuangan dan usahanya dalam berbisnis. Terbukti tidak hanya sekali dua kali dia mengalami jatuh bangun dalam menata dan mengembangkan usaha-usahanya. Namun berkali-kali, bahkan ratusan kali dia harus gagal dalam proses menata bisnis yang ia kelola. 

Namun demikian, bukan Ciputra namanya, jika dia harus menyerah pada satu kegagalan, bahkan setiap kegagalan yang dia alami, sellau dijadikan cambuk untuk memperbaiki dan menata usahanya dengan lebih cermat dan lebih baik. Sehingga, dia pun akhirnya bisa memetik buah manis dari serentetan perjuangan yang dia lakukan kala itu. Konglomerat akhirnya menjadi predikat yang disandangnya hingga kini.

Sebagai pengusaha sukses,Ciputra telah menbuktikan  bahwa dirinya betul-betul pengusaha sejati. Hal itu dapat dilihat dari keberhasilannya bangkit pada tahun 1998, di mana pada waktu itu banyak industeri (perusahaan) yang terpaksa guung tikar lantaran negeri dilanda krisis moneter. Pada tahaun 1998 tu, Ciputra sempat dianggap bangkrut oleh orang-orang. Bisa dibilang hasil jerih payah Ciputra selama puluhan tahun  itu hampir lenyap oleh hantaman krisis ekonomi yang melanda (Hal. 19).

Ciputra, hanya satu dari sekian bnayak konglomerat yang diulas dalam buku ini. 21 tokoh lainnya yang temaktub dalam buku setebal 188 ini juga meiliki profil dan rekam jejak yang hampir serupa dengannya. Bahkan tak sedikit dinatara mereka yang meiliki sepak terjang yang sangat  luar biasa. Menyimak kisah mereka, sama halnya belajar banyak tentang dunia usaha yang pernah mereka 



Tulisan ini dimuat di Harian Kabar Madura, 22 Maret 2016




0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons