Selasa, 29 Maret 2016

Membuka Pintu Sukses Sejak Usia Muda

Judul : Sukses Menjadi Miliuner di Usian 30 tahun
Penulis : Frendy Susilo
Penerbit : Saufa
Cetkan : 1. Januari 2016
Tebal :192 Halaman
ISBN : 978-602391-054-0
Peresensi : Ahmad Wiyono*

Kesuksesan hidup pada dasarnya bisa diraih oleh siapa saja dan di mana saja, tak terkecuali bagi kaum muda yang masih berusia belia. Usia muda adalah masa di mana sebagian orang menyebutnya sebagai masa pencahaian jati diri.

Jika kita telisik lebih dalam, tidak seidkit kaum muda yang dalam usia segar tersebut sudah bisa menapaki tangga kesuksesan dalam hidupnya, bahkan tak sedikit pula yang berhasil menjadi milunner diusia mudanya itu, ini meggambarkan bahwa kesuksesan bisa datang kapan saja tanpa melihat batas usia.

Pertanyaannya sekarang, apa rahasia dibalik keberhasilan meraka, sehingga usia yang oleh sebagian orang masih dimanfaatkan untuk kegiatan “keremajaan” termasuk pergaulan di jalanan, justru malah dibalik dengan pembuktian mereka sebagai orang-orang sukses diusia muda dengan beragam usaha yang mereka geluti.

Menguak rahasia sukses menjadi kaya raya disusia muda, buku ini hadir mennerjemahkan pertanyaan besar sebagian orang tentang strategi mnjadi jutawan bahkan milyarder diusia dini. Selain itu, buku karya Frendy Susilo ini juga mengungkap cara kerja para miliarder muda dalam menapaki tangga-tangga kehidupan mereka sehingga bisa mencapai puncak kekayaan.

Satu yang seakan menjadi kunci awal dari sebuah kesuksesan yang diurai dalam buku ini, yaitu keteguhan kometmen seseorang untuk selalu berjalan maju kendati dihadapkan pada kondisi jalan yang terjal dan berliku. Ini yang diaksud dalam buku ini bahwa kesuksesan adalah sebuah proses. Sosok Top Ittipat menjadi potret miliarder muda yang berhasil menjadi manusia kaya raya diusinya yang baru genap 26 tahun.

Sepak terjang Top dalam dunia usahanya tentu bukan sesuatu yang datang “abra kadabra”, semua berawal dari sejuta proses yang dia lakukan dengan tekun dan penuh kehati-hatian. Bahkan, dengan situasi jatuh bangun yang dia hadapi sebelumnya. Namun itulah yang kemudian mengantarkannya menjadi miliarder muda yang sukses diusia yang relatif sangat muda. (Hal.9-12).

Top Ittipat hanya satu dari sekian banyak profil tokoh  sukses yang berhasil menjadi miliarder di usia muda, beberapa tokoh lainnya seperti Dustin Moskovitz, Mark Zuckerbeg dan beberapa tokoh lainnya juga diulas dalam buku berjudul Sukses menjadi Miliuner di Usia 30 tahun ini, semua itu membuka mata kita, bahwa sukses diusia muda bukan ssuatu yang mustahil.

Secara sistematis buku ini menjabarkan beberapa kunci sukses untuk Menjadi jutawan atau bakan miliarder di usia muda, kunci sukses itu antara lain adalah membudayakan hidup hemat, memiliki sifat fokus, menjadi pribadi yang betanggung jawab, membiasakan diri bangun pagi dan membangun relasi yang baik.

Dalam keseharian, keberasilan untuk menyelesaikan pekerjaan yang menumpuk sangat ditentukan oleh perhatian dan fokus yang kuat (Hal. 81). Pada aspek ini konsistensi sesorang terhadap satu garapan kegiatan menjadi penentu keberhasilan, karena jika seseorang “melompat-lompat” dalam melakukan sesuatu, maka dia sulit untuk bisa menyelesaikan pekerjaannya dengan maksimal.

Sementara itu, rahasia sukses lainnya yang diurai dalam buku terbita Saufa ini adalah urgensi membangun jaringan. Relasi dalam sebuah kegiatan usaha menjadi sesuatu yang mutlak adanya, karena dengan relasi, seorang pengusaha bisa mengembangakn usahanya dengan baik, kunci eksistensi sebuah usaha adalah relasi yang baik dan terus terbangun.

Tidak dapat dipungkiri bahwa salah satu modal bisnis selain uang adalah networking atau relasi. Oleh karena itu, aabila seseorang ingin meraih sukses di dunia usaha, ia harus pandai dan banyak bergaul dengan orang lain. Agar bisnis yang ditekuni bisa dikenal di mana pun, maka pelakunya harus kenal dengan sebanyak mungkin orang (Hal. 146).
Menelisik jalan sukses para pengusaha muda menjadi uarain utama dalam uku ini. Catatan biografi dan kebiasaaan orang-orag sukses di usia muda rupanya juga menjadi catatan pentig dalam buku setebal 192 halaman ini. Jika diantara kita ada yang berminat untuka mengikuti jejak meraka, buku ini sangbat pas dijadikan bahan bacaan dan sumber inspirasi. Buku ini akan memberi pencerahan tentang cara meliuner dunia meraih kesuksesan besar.


Tulisan ini dimuat di Harian Jateng Pos, 27 Maret 2016

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons