Rabu, 25 Mei 2016

Menyelami Arti Sebuah Sahabat

Judul : Sahabatmu Kekuatan Jiwamu
Penulis : Rizem Aizid
Penerbit : Diva Press
Cetakan : 1. Januari 2016
Tebal : 216 Halaman
ISBN : 978-602-391-031-1
Persensi : Ahmad Wiyono*
Sebagai mahluk sosial, manusia tidak akan pernah lepas dari kegiatan interaksi dengan sesamanya, itu sebagai manefistasi bahwa kehidupan mansuia akan selalu saling membutuhkan satu dengan yang lainnya.

Satu diantara sekian banyak elemen yang kerap menjadi bagian penting dalam proses interaksi sosial manusia adalah seorang sahabat, elemen ini sangat vital keberadaannya, mengingat sahabat merupakan jantung kehidupan manusia yang selalu ada dalam setiap keadaan setelah keluarga dekat mereka.

Secara teoritis, ada perbedaan signifikan antara teman dengan sahabat, teman acapkali dimaknai sebagai orang yang kenal dan pernah berinteraksi dengan kita, namun sahabat sering didefinisikan sebagai orang yang mempunyai loyalitas, militansi dan kesetiaan yang kuat untuk bersama diantara suka maupun duka.

Konsep dan makna persahabatan yang sejati bisa kita temukan dalam buku Sahabatku Kekuatan Jiwamu, buku karagan Rizem Aizid ini secara gamblang mengulas tentang makna dan hakikat sebuah persahabatan. Sehingga, manusia bisa memahami sisi perbedaan antara mana sahabat yang sejati dengan “sahabat” yang hanya berlabel teman semata.

Hakekatnya, buku ini memberi penjelasan bagi kita tentang substansi makna sahabat, hal itu mengingat tidak semua orang layak dan memenuhi syarat untuk dijadikan sahabat, banyak diantara kita sesoerang yang mengaku sahabat, namun dibalik itu semua mereka kadang hanya memanfaatkan dan mencari keuntungan dari kita. Mereka hanya pandai menggunting dalam lipatan.

Ini mengandung makna bahwa tidak semua orang dapat kita jadikan sahabat. Misalnya saja, kita sudah tulus menganggap si A sebagai sahabat, tetapi belum tentu si A demikian terhadap kita. Mungkin saja ia tidak pernah menganggap kita sahabatnya. Maka dari itu, berhati-hatilah dalam mencari sahabat (Hal. 45).

Selektiftas dalam memilih sahabat menjadi urgen unuk dilakukan sebagai upaya menyelamtakan proses keberlangsungan kehidupan kita. Selektif dalam artian tidak dimaknai sebagai tindakan pilah-pilih, namun lebih pada kewaspadaan untuk menenukan sahabat yang baik untuk kehidupan kita selanjutnya. kata bijak mengatkan, sahabat harus dipilih, tapi jangan pilah-pilih.

Sisi positif lainnya yang ditawarkan buku ini terkait dengan urgensi persahabatan sejati adalah tentang janji pahala yang akan didapat dalam hubungan persahabatan yang harmonis. dalam konteks ini kita tentu tercengang, apa relevansi persahabatan sejati dengan pahala. Secara detil buku ini menjelaskan perihal tersebut.

Mungkin ada yang bertanya, bagaimana bisa hubungan persahabtan termasuk dalam badah?. Perhasabatan itu termasuk pergaulan menurut islam. Dan, pergaulan dalam islam itu sangat dianjurkan. Islam memerintahkan supaya mencari teman bergaul yang baik, yang dalam hal ini bisa dimaknai sebagai sahabat. Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah SAW, “janganlah engkau bergaul kecuali dengan seorang mukmin. Janganlah memakan makananmu melainkan orang bertaqwa (HR. Abu dawud dan Tirmidzi). (Hal. 68).

Pada sisi inilah, signifikansi sahabat sejati  sangatlah nyata. Dia adalah manusia yang akan selalu ada dalam kondisi apa pun. Buku ini tidak hanya sekedar memeri informasi tentang cirri dan karakteristik sahabat sejati, namun juga mengajak kita semua untuk bisa mawas diri agar bisa terhindar dari golongan teman yang pada dasarnya tak memiliki kesetiaan yang nyata. 

Kendati keberadaan sagabat sejati tidaklah sebanyak populasi jumla manusia yang ada, namun setiap manusia pasti akan mendapatkannya. Mendapat sahabat sejatai yang tulus menemani perjalananan kita. Dan poin penting yang bisa kita tangkap dalam buku terbitan Diva Press ini adalah bagaimana manusia bisa menelisik substansi Shdiquka man shadaqaka (Sahabat sejati), dan bisa menghindari kelompok shadiquka man shaddaquka (sahabat yang buruk).


Tulisan ini dimuat di Harian Kabar Madura, 25 Mei 2016





0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons