Jumat, 05 Februari 2016

Habibi Kecil Dengan Mimpi Besar Membangun Indonesia

Judul : Rudy, Kisah Masa Muda yang Visioner
Penulis : Gina S. Noer
Penerbit : Bentang Pustaka
Cetakan : 1. 2015
Tebal : 262 Halaman
ISBN : 978-602-291-111-1
Peresensi : Ahmad Wiyono

Rudy merupakan  kisah tentang “Habibie Kecil” yang memiliki visi besar tentang masa depan Indonesia,  cerita tentang asa untuk mewujudkan sebuah negeri yang luar biasa, sekalius cerita tentang kegelisahaan ketika meyaksikan banyak kekurangan yang dimiliki oleh negeri yang berpenduduk ratusan juta tersebut. Yah, mimpi tentang Indonesia, yang diceritakan langsung oleh Habibie dalam cerita Rudynya.

Hasil torehan Gina S. Noer ini menginspirasi pembaca semua tentang kisah sang visioner yang berjuang keras dalam membangun tanah airnya, setidaknya dalam rangka memberikan sumbangsih besar terhadap masa depan negaranya. Karena Rudy merupakan asset bangsa yang eksistensinya betul-betul menentukan nasib bangsa itu sendiri. 

Sebagai kumpulan kisah yang direkam dari cerita-cerita BJ. Habibie, perjalanan Rudy dalam buku ini mencerminkan satu tatapan masa depan yang sangat jauh tentang kehdupan suatu bangsa dan Negara, bayangkan misalnya bagaimana tentang mimpi menciptakan peawat Terbang yang berhasil dibuat oleh Habibie jusru bermula dari rasa takutnya terhadap pesawat itu sendiri, yang itu terjadi pada perang dunia kedua.  Dan kisah ini teryata tak banyak mengetahuinya, sehingga cerita Rudy dalam buku ini mennjadi info segar bagi kita semua.

Uniknya, Rudy selalu menunjukkah sifat sahaja kepada setiap orang yang dikenalnya, potret kesahajaan Rudy sebagai Habibie Kecil terpotret dari sikapnya yang tidak pernah bangga disebut manusia genius, justru dia lebih senang ketika disebut manusia biasa yang tekun dan bekerja keras. Dari situlah tercermin bahwa Rudy meupakan manusia intelek yang tidak sombong dan sangat renda hati. Selain itu, ketulusannya untuk selalu belajar kepada siapapun membuktikan dirinya sebagai manusia luar biasa yang betul-betul punya keikhlasan untuk membangun bangsanya.

Rudy berusaha mencari ide dari mana saja. Dia membaca, mengajak kawan-kawan berdiskusi hingga bertanya kepada pejabat-pejabat pendidikan di Boom, tetapi mereka sedang lebih focus pada permasalahan politik di Indonesia. Kegiatan sehari-harinya tak bisa membuatnya melupakan kegelisahan ini (Hal.160).

Salah satu mimi besar Rudy kala itu dalah mendirikan industri pesawat terbang, mimpi yang terkategori nekat di masa itu. Namun demikian, bukan sesuatu yang tidak mungkin jika manusia selalu berikhtiyar untuk mendapatkannya. Termasuk apa yang teah dlakukan oleh Rudy. Ketakutannya terhadap pesawat justru mengantarkan dia menjadi manusia Indonesia yang berhasil membangun industri pesawat terbang itu sendiri.

Keseungguhan Habibie kecil dalam merajut dan mewujudkan mimpinya tersebut merupakan modal utama keberhasilannya.  Semangat mudanya ibarat api yang tak pernah padam. Tatapannya terus ke depan. bahwa perjuangan yang sungguh-sungguh pasti akan berbuah manis, itu yang dia tanamkan dalam jiwanya. Terpatrih dalam sanubarinya, dan selanjutnya terimplementasi dalam tindakan-tindakanya. Mimpi yang bukan sekedar mimpi.

Sementara itu, dibalik kisah sukses seorang Habibie kecil, juga tak lepas dari peran serta seorang gadis anggun yang setia menemaninya. Yah, Ainun adalah sosok perempan anggun yang telah berhasil merubah kehidupan Rudy menjadi lebih sempurna.  Kendati proses penyatuan keduaya masih harus melewati alan terjal nan berliku, namun perjumpaan Rudy dan Ainun akhirnya bisa betlanjut dan berlabuh ke pelaminan.

Terjadilah pernikahan dunia penerbangan dengan dunia kedokteran, penyatuan dua dunia yang nyaris berbeda, namun mampu diikat oleh tali cinta yang sejati. Dan sejak saat itulah, kebahagiaan demi kebahagian terus dipetik oleh Rudy, keberadaan Ainun kian menginspirasi dirinya untuk terus membangun visinya menjadikan Indonesia Negara luar biasa melalui keahliannya dibidang industri pesawat terbang.

Buku setebal 262 halaman ini secara utuh mengisahkan perjalnan BJ. Habibie sejak kecil hingga menjai dewasa. Rudy merupakn potret perjalanan Habibei yang lahir dan tumbuh menjadi manusia yang memeliki visi kuat untuk membangun Indonesia, visi yang datang dan dibentuk oleh orang tua dan keluarganya. Sekaligus para sahabat-sahabtanya. Cerita memukau perjalanan Rudy ini tentu menjadi inspirasi bagi semua bahwa Habibie kecil meruapakan sosok pemuda inspiratif, tekun, visionir  dan setia pada cita-citanya.
Tulisan ini dimuat di Harian Duta Masyarakat, 31 Januari 2016


0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons