Kamis, 18 Februari 2016

Gambaran Kedahsyatan Azab Neraka

Judul : Dahsyatnya Neraka
Penulis : Syaiful Bachri az-Zidani
Penerbit : Saufa
Cetakan : 1. Januari 2016
Tebal : 152 Halaman
ISBN : 978-602-279-176-8
Peresensi : Ahmad Wiyono

Bagi umat islam, Neraka merupakan sesuatu yang wajib diyakini keberadaannya, sebagai salah satu alam ghaib yang kelak dipersiapkan sebagai tempat akhir para makhluk Allah yang membankang terhadp perintah-perintah-Nya. 

Kendati tidak ada manusia yang bisa mengetahuniya secara pasti untuk saat ini tentang bagaimana kondisi meraka berikut kepedihan siksanya, namun keberadaan Neraka merupakan sebuah keniscayaan yang nyata ada di alam akhirat kelak, tempat itu adalah tempat bagi orang-orang yang celaka, sekaligus tempat yang paling menyakitkan. Karena di dalamnya hanya ada siksa dan siksa.

Tentang bagaimana gambaran kedahsyatan azab di dalam Neraka, penjelasan itu bisa kita dapat dalam catatab Syaiful Bachri az-Zidani dalam buku bertajuk Dahsyatnya Neraka ini, penulis memberikan gambaran dan visulaisasi kongkriet tentang bagaimana kepedihan api neraka yang kelak akan menakan makhluk yang telah durhaka pada sang pencipta.

Neraka merupakan tempat penyiksaan bagi makhluk Allah SWT, yang membangkang. Mereka ialah orang-orang yang mendustakan Allah SWT, dan rasul-Nya saat masih hidup di dunia. Di dalam neraka tersebut, terdapat kehidupan yang berisi jiwa-jiwa manusia yang menderita bersama para iblis, binatang-binatang buas, dan api yang menyala-nyala. Hal tersebut sebagai hukuman bagi mereka karena telah melakukan dan menumpuk dosa besar, serta melakukan kejahatan-kejahatan sewaktu masih hidup di dunia (Hal. 12).

Begitulah visusalisasi awal tentang apa dan seperti apa neraka, sebuah tempat yang enjadi sentral pengazaban dari Allah SWT kepada makhluk yang telah membangkang selama di dunia, makanya diamarkan ditempat itu itu ada iblis, binatang buas, termasuk jiwa-jiwa manusia yang durhaka kepada Allah azza Wajallah.

Sementara itu, para calon penghuni neraka yang diurai dalm buku ini sangatlah banyak,  dalam artian, ada banyak jenis dosa yang dilakukan manusia dan kelak mereka akan menjadi penghuni sesuai kelas klasifikasi dosa yang mereka buat. Ibarat rombongan, masingmasing jiwa akan membentuk kelompok calon penghuni neraka sesuai dengan kriteria dosa yang mereka bawa.

Dalam buku ini ditulis setidaknya ada Sembilan golongan manusia yang sudah hampir pasti kelak akan menjadi penghuni tempat yang sangat meyeramkan tersebut. Diantaranya adalah orang yang menyekutukan Allah (Syirik), Membunuh orang lain tanpa alasan yang dibenarkan, Orang yang meningggalkan atau melalaikan shalat fardu, Orang Munafik, Durhaka kepada kedua orang tua, Pelaku Zina, Orang yang memakan harata anak yatim, minum minuman keras serta orang yang mati bunuh diri.

Detil gambaran neraka beserta isinya yang diurai dalam buku ini tentu bukan hanya berdasar pada pengetahuan teoritis penulisnya, akan tetapi merupakan hasil rangkuman dari beberapa dalil Qod’I, berupa Al-Qur’an dan hadits, sehingga, kebenaran tentang siksa neraka yang disampaikan dalam buku terbitan Saufa ini tentu sudah menjadi kebenaran Muthlak yang wajib kita yakini.

Buku ini mengajak umat manusia terutama umat islam untu kbisa mawas diri tentang apa sebenarnya tujuan hidup di dunia, Neraka diciptakan berarti menjadi petunjuk bagia manusia agar tidak mendekat dengan jalan ke temat tersebut, sebaliknya bagaimana bisa menjauhi hal-hal yang mengarah pada siksa yang abadi itu.

Akhirnya, hanya orang-orang waspada dan ikhlas saja yang dapat mempersiapkan diri menghadapi kematian. Orang-orang semacam inilah yang dapat menghindarkan diri dari neraka, tidak terpengaruh jebakan kekayaan, kehormatan, kemegahan dan kekuasaan. Ketika seseorang akan disiksa, ia tidak akan memperoleh kebebasan. Hanya akan berbisik.”Aduh, kematian itu benar-benar mengakhiri segalanya, hartaku, kekayaanku, kebangsawananku, semuanya tidak bermanfaat” (Hal. 146-


Tulisan ini dimuat di Harian Analisa Medan, 12 Pebruari 2016

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons