Kamis, 13 November 2014

Menjadi Orang Tua Cerdik Dalam Mendidik Anak

Judul Buku : Pintar Mengatasi Masalah Tumbuh Kembang Anak
Penulis     : Imam Musbikin
Penerbit     : FalshBooks (Diva Group)
Tebal : 378 halaman
Cetakan      : Januari 2012
Peresensi    : Ahmad Wiyono

Banyak orang bilang bahwa mendidik anak jauh labih sulit dari melahirkan anak, pendapat ini tentu beralasan karena mendidik anak membutuhkan proses panjang dan fase yang begitu komplit. Perkembangan mental dan fisik anak tentu akan selalu beragam antara anak yang satu dan anak lainnya. Maka tidak gambang mencari komparasi pendidikan anak sejak bayi.

Kesalahan dalam cara mendidik tentu akan berakibat fatal terhadap tumbuh kembang si anak, sementara masa depan dan kemajuan si anak sangat ditentukan oleh seberapa hebat sang orang tua dalam mendidik sejak dini. Salah satu contoh kesalahan yang kerap terjadi di tengah tengah kita adalah ketika mengajarkan bahasa kepada si anak.

Pada Bab pembuka buku ini, penulis memulai dengan penegasan agar setiap orang tua menghindari mengajarkan dua bahasa sekaligus, sebelum si bayi betul betul mengtuasai bahasa ibunya. Nah, kasus seperti ini kerap sekali kita jumpai, di mana sang orang tua langsung mengajari bahasa nasional sementara bahasa sehari hari yang dihunakan dalam keluarga itu masih menggunakan bahasa daerah.

Setelah orang tua mengajarkan satu bahasa yang betul betul menjadi bahasa harian keluarga itu, maka menurut Imam Musbikin sang penulis buku ini, Bayi bisa dilanjutkan dengan diajak melihat atau mengenal lingkungannya, cara mengenalkan lingkungan yang dimaksud adalah dengan memperlihatkan aneka warna, termasuk wajah wajah dari anggota keluarga yang ada di tempat itu.

Sementara itu, ada fase di mana bayi memasuki masa paling tidak nyaman dalam sejarah perkembangan bayi, yaitu disaat masa tumbuhnya gigi si kecil, dalam buku ini juga diulas kapan masa masa itu akan di alami oleh bayi, sekitar usia 6-8 bulan, gigi pertama bayi (gigi susu) akan tumbuh, walau ada kalanya patokan ini sering meleset, namun orang tua tidak perlu cemas, yang penting orang tua jangan sampai mengabaikan perawatannya. Masa yang penuh ketidaknyamanan bagi bayi ini memang sepatutnya mendapat perhatian (hal. 125).

Penulis buku ini juga tak lupa memberikan penjelasan tentang pentingnya mengajari kebersihan pada anak, kita tahu sejak anak bisa berjalan (atau setidaknya merangkak), banyak keinginan anak yang lahir secara alami untuk melakukan beberapa hal, setidaknya mengambil benda benda yang dianggap menraik oleh si anak tersebut. Nah, disaat itulah anak hanya berfikir bagaimana mendapatkan benda itu, tampa tahu bagaimana kondisi disekitarnya.

Pada halaman 210, penulis buku ini menjelaskan bahwa keterampilan motorik anak usia 1 tahun memungkinkannya berjalan jalan ke tempat yang ia inginkan, ia pun mudah terkena kotoran yang bisa saja menyebabkan penyakit.

Orang tua memamg tidak perlu kahwatir apalagi berlebihan, penulis buku ini menjelaskan agar orang tua cukup mengawasi semaksimal mungkin, sehingga jika terjadi hal hal di luar dugaan, orang tua cepat mencari penyelesaian. Saat saat berkelanaan sang anak tersebut adalah pembelajaran kemandirian sang anak.

Buku setebal 378 halaman ini, ternyata sangat detil mengurai lika liku dalam mendidik sang buah hati, dari bab pembuka hingga akhir dijelaskan secara rinci bagaimana mendidik anak yang benar. Bahkan pada bab terakhir penulis sempat mengupas tentang beberapa hal yang berkaitan dengan kebutuhan anak seperti pijat anak,  hingga bagaimana cara mmeilih pakaian atau sepatu untuk anak.

Anda saat ini sebagai orang tua yang sedang mendidik anak?, penting sekali membaca buku ini, karena anda akan dibawa pada suasana di mana anda betul betul menjadi orang tua yang cerdas dan cerdik dalam mendidik sang buah hatinya. Mengutip pernyataan John Gray, Ph.D dalam sinopsis buku ini: agar anak dapat sukses dalam kehidupannya serta melakukan sesuatu potensi yang dimilikinya, Anda (sebaai orang tua)  harus mampu memahami dan menerima keunikan masing masing anak.


*Ahmad Wiyono; Jurnalis, Pengajar dan Pengasuh Rumah baca 'HAIDAR PUSTAKA" Pamekasan.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons