Selasa, 09 Maret 2010

Pentingnya Peran Korporasi Dalam Pendidikan

Majunya pendidikan tidak akan lepas dari peran serta semua pihak, Peran Korporasi juga menjadi bagian penting dari proses majunya dunia Pendidikan, setidaknya masyarakat yang terancam mengalami kesulitan dalam menempuh Pendidikan akibat kondisi ekonominya yang kurang beruntung bisa sedikit tertangani melalui peran serta korporasi

Pematangan konsep pemerataan pendidikan memang harus lahir dari semua pihak, jika pemerintah dari awal sudah mebahkodai adanya upaya pemerataan pendidikan tersebut –terlepas dari berhasil atau tidak- ,maka saat ini sudah waktunya pihak lain ikut berpartisipasi untuk mewujudkan idealisasi penddikan merata tersebut.

Partisipasi dimaksud adalah dengan cara ikut serta memikirkan sekaligus mencari jalan keluar terhadap berbagai persoalan pendidikan yang dihadapi oleh dunia pendidikn saat ini, salah satunya adalah persoalan pembiayaan pendidikan yang sampai saat sekarang ini masih diasumsikan menjadi persoalan besar dalam dunia pendidikan itu sendiri.

Fenomina terjadinya klasifikasi sekolah yang berimplikasi pada munculnya dikotomi antara pendidikan faforit dan tidak faforit menyebakan meruncingnya wacan persoalan peniddikan dalam sektor pembiayaan, setidaknya akan terus bergulir sinyalemen bahawa pendidikan hanya akan bisa dinikmati oleh kaum yang ber-uang saja, hal ini jelas diakibatkan oleh melonjaknya biaya pendidikn pada lembaga-lembaga yang sudah berlabel faforit tersebut.

Tapi kemudian itu semua bukan persoalan besar, jika kita menyadari bahwa kunci utama masalah tersebut pada esensinya terletak pada kemauan masyarakat itu sendiri. Barangkai kita harus mengakui bahwa wacana pendidikan mahal memang benar, isu sekolah faforit memang harus diiyakan. Namun demikian semua orang berkesempatan untuk menikmati segala bentuk pendidiakn dan sekolah seperti yang dimaksud diatas.

Hal ini bisa terwujud jika masyarakat betul-betul bisa memanfaatkan peluang yang diberikan oleh beberapa stikc holder pendidikan yang pada dasarnya mereka juga mempunyai kesadaran kuat untuk memberikan kesempatan bagi masyarakat yang kuirang beruntung agar sama-sama bisa menikmati indahnya pendidian bermutu yang diwujudkan melalaui sekolah faforit tersebut.

Salah satunya adalah peran Korporasi, peran korporasi dalam pembiayaan pendidikan ini akan diberikan dengan berbagai model, seperti besaiswa, penelitian bahkan pada bantuan langsung yang diberikan kepada institusi pendidikan, yang hal ini tidak ada lain terkecuali dalam rangka untuk ikut berpartisipasi dalam proses pemerataan pendidikan di indonesia.

Peran korporasi ini memberi beberapa kontribusi terhadap dunia pendidikan. Pertama: dibutuhkan sumbangan dana dari korporasi karena anggaran dari pemerintah belum bisa mencukupi kebutuhan, sementara masyarakat masih terjebak dalam kemiskinan. Kedua: Program-program yang disponsori korporasi juga memberi peluang bagi insan-insan pendidikan untuk keluar dari menara gading dan mengenal dunia kerja serta industri karena ada korporsai yang memberi pelatihan, soft skill. Ketiga: peran korporasi bisa menjadi penyeimbang kekuatan negara dalam penyelenggaraan pendidikan dan mendukung masyarakat yang secara umum masih belum berdaya dan terpinggirkan dari akses pendidikan. (Anita Lie: Kompas 2007)

Dari hal tersebut, ada angin segar yang bisa dinikamati oleh masyarakat secara umum, dengan catatan apabila masyarakat punya kemauan untuk merebut peluang tersebut, korporasi hanya akan menjadi motivator yang bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi masyarakat yag masih kurang beruntung dalam sektor ekonomi namun punya kemauan untuk ikut andil dalam proses pengembangan pendidikan dirinya.

Oleh akrena itu, perlu ada upaya bersama untuk ikut meningkatkan peran korporasi dalam pendidikan yang hal itu lebih ditekankan pada peran pembiayaan pendidikan bagi masyarakat yang tidak mampu, sehingga cita-cita bersama tentang pemerataan pendidikan akan segera terwujud dengan baik dengan indikator uatamanya adalah sudah tidak ada lagi wacana penidikan mahal termasuk dikotomi pendidikan.

Ahmad Wiyono Alumni Tenaga Pendidik, dan Peneliti di Universitas Islam Madura (UIM) Pamekasan.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons