Senin, 08 Juli 2019

Peran Bahasa Asing Dalam Dunia Bisnis

Judul Buku : Pintar Bahasa Arab dalam Bisnis
Penulis : Uus Rustiman
Penerbit : Rosda Karya
Cetakan :. 1. 2019
Tebal : 124 Halaman
ISBN : 978-602-446-335-9
Peresensi : Ahmad Wiyono

Dalam sebuah hadits, Rasulullah Saw. pernah bersabda; “barsng siapa yang menguasai bahasa suatu kaum, maka selamtlah dia dari tipu daya mereka”. Hadits ini menegaskan betapa pentingnya menguasai sejumlah bahasa, agar manusia mudah beradaptasi saat berhadapan dengan orang lain yang kebetulan memiliki bahasa yang berbeda.

Dalam kegiatan bisnis, penguasaan bahasa asing juga sangat urgen, karena tak jarang seseorang akan berhadapan dengan lawan bisnisnya yang berasal dari Negara lain yang notabeni menggunakan bahasa berbeda. Maka untuk menjaga keberlangsungan bisnis tersebut, manusia dituntut untuk paham dan menguasai bahasa asing sebagai modal komunikasi satu dengan lainnya.

Setidaknya, para pelaku bisnis bituntut untuk bisa menguasai bahasa internasional, seperti bahasa Inggris dan bahasa Arab. Dua bahasa ini sangat mungkin ditemukan oleh pelaku bisnis terutama saat moment moment tertentu. Nah, Cara praktis penguasaan bahasa Arab tersebut bisa kita baca dalam buku berjudul Pintar Bahasa Arab Dalam Bisnis karangan Uus Rustiman ini. Dalam buku ini penulis sevara praktis mengurai rahasia menguasai bahasa Arab yang fokus digunakan dalam bunia bisnis.

Di awal uarain buku ini, penulis menegaskan bahwa posisi bahasa merupakan alat komunikasi yang sangat utama, keberlangsungan komunikasi bisa terjalain dengan baik jika antara komunikator dan komonican bisa memahami bahasa satu sama sama lain. Maka keberlangsungan bisnis juga akan ditentunakn oleh sebrapa besar model komunikasi bahasa yang digunakan. Disinilah pentingya memahami bahasa internasional sebagai alat komunikasi utama dalam menjalin hubungan bisnis. Jangan sampai kerja sama yang sudah hampir terjalin menjadi rusak hanya karena kesalahan komunikasi dalam konteks bahasa.

Kegagalan membangun komunikasi seringkali terjadi akibat tidak menguasai media komunikasi khususnya bahasa, dan keberhasilan membangun komunikasi banyak diraih dengan penguasaan yang tinggi dalam menggunakan bahasa sebagai media komunikasi. Penguasaan atas satu bahasa oleh seseorang merupakan pintu utama baginya untuk menguasasi komunikasi dalam lingkungan masyarakat. (Hal. Iv). Disinilah letak pentingnya penguasaan bahasa terutama bahasa Arab sebagai salah satu bahasa internasional.

Belajar bahasa Arab melalui buku terbitan Rosda Karya ini relatif mudah, karena penulis menggunakan metode percakapan yang banyak disadur dari pengalaman empiris di lapangan. Selain itu, penulis juga mengkemas buku ini secara tematik, sehingga pembaca bisa menentukan tema apa yang akan dipelajarai sesuai kebutuhan pembaca. Semisal percakapan di rumah makan, percakapan di bandara, percakaan di terminal, di hotel, toko baju, bank dan lain sebagainya. Dalam setiap kondisi dan tempat tentu ada banyak kosa kata baru yang sesuai dengan tempat tersebut.

Seperti pada bank, kita akan menjumpai sejumlah kosa kata yang berkaitan dengan perbankan, seperti jenis mata uang, istilah rekening, transfer, saldo dan lain sebagainya. Semua itu pasti akan kita temukan dalam kegiatan di bank. Maka dalam konteks ini pembaca akan sangat mudah mengingat sejumlah kosa kata karena akan dihadapi langsung dalam proses komunikasi. Selain itu, dengan belajar tema bank ini pembaca akan dapat mengetahui kosa kata bahasa arab dalam transaksi bisnis di bank, sekaligus dapat memahami percakapan bahasa Arab dalam transaksi bisnis di bank tersebut. (Hlm. 80).

Hadirnya buku ini menjadi wahana pengetahuan baru bagi para pembaca terutama berkaitan dengan pentingnya penguasaan bahasa, agara seluruh kegiatan bisnis yang dilakukan bisa berjalan lancar dengan ditopang oleh media komunikasi yang baik. Selain menyajikan cara berbahasa Arab dengan cepat dan praktis, pada akhir pembahasan di setiap tema buku ini juga dilengkapi dengan kalam-kalam hikmah yang bisa menarik minat pembaca untuk belajar bahsa Arab secara komperhensif. Selamat membaca. (*)



Tulisan ini dimuat di Harian Jawa Pos Radar Madura, edisi 27 Juni 2019.



0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons