Senin, 30 Mei 2016

Solusi Kesempurnuaan Ibadah

Judul : Diguyur Cinta dan Pertolongan Allah
Penulis : Abdul Hamid
Penerbit : Saufa
Cetakan : 1. 2016
Tebal :144 Halaman
ISBN : 978-602-296-204-5
Peresensi : Ahmad Wiyono*
Islam memberikan sejumlah ruang bagi ummatnya untuk selalu mnedekatkan diri pada sang Khaliq, salah satunya adalah ruang ibadah. Ruang ini merupakan cara paling efektif bagi manusia untuk berintrekasi langsung dengan sang penciptanya. Dengan maksud meraih Ridla-Nya. 

Ibadah dalam islam terbagi dalam beberapa tipe, yang paling populer adalah ibadah wajib dan ibadah sunnah. Ibadah wajib adalah sesuatu yang sudah menjadi kewajiban bagi setiap umat islam untuk dikerjakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Seperti shalat lima waktu, puasa bulan ramadhan, zakat dan lain-lain. Sedangkan ibadah sunnah adalah ibadah yang tidak wajib dilakukan, namun jika manusa mengerkaknnya, mak ia akan mendapat pahala yang berlimpah.

Ragam amalan sunnah yang sudah diajarkan dalam islam bisa kita baca dalam buku berjudul Diguyur Cinta dan Pertolongan Allah karya Abdul Hamid ini, buku ini secara mendalam mengurai ragam amalan-amalan sunnah yang memiliki faedah dan pahala besar, sekaligus memiliki dampak lainnya, seperti pembuka pintu rzeki, dampak kesehatan dan lain-lain. Secara konperhensif buku terbitan Saufa ini mengkaji ragam amalan tersebut.

Shalat sunnah adalah satu dari sekian banyak ragam amalan sunnah yang memilki pahala luar biasa. Dalam buku ini ditulis beberapa jenis shlat sunnah yang faedah dan pahalanya sungguh luar biasa, seperti shalat sunnah rawatib, shalat witir, shalat tahajjud, serta shalat Dhuha. Buku ini menjelaskan mulai dari tata cara poelaksanaan semua shalat-shlata sunnah tersebut, termasuk juga faedah dan keutamaan melaksanakan shlat-shalat sunnah tersebut.

Seperti shalat Dhuha, shalat yang dikerjakan di pagi hari ini sudah tidak asing lagi dikalangan masyarakat muslim. Selain menambah nilai pahala, shalat ini juga diyakini bisa menjadi perantara terbukanya pintu rezeki. Makanya, dalam setiap altifitas, umat islam dianjurkan untuk mengawalinya dngan shalat sunnah Dhuha tersebut. 

Allah menjanjkan pintu rezeki selalu terbuka bagi para pelaku shalat Dhuha. Janji tersebut dinyatakan dalam hadits qudsi berkut; “ Allah yang maha perkasa lagi maha mulia  berfirman, Wahai anak adam, janganlah kau lemah untuk mengerjakan empat rakaat di awal siang. Niscaya Allah akan memberikan kecukupan kepadamu di akhir siang. (HR. Tirmidzi). (hal. 40-41).

Selain shalat sunnah, ibadah sunnah lainnya adalah puasa sunnah. Beberapa jenis puasa sunnah dalam islam antara lain puasa senin kamis, puasa daud, puasa Asyura, puasa Arofah, puasa tiga hari setiap bulan serta puasa Syawwal.jenis puasa sunnah yang pertama di atas (senin kamis) merupakan jenis puasa sunnah yang snagat lumrah dikerjakan, karena jenis puasa in bisa dikerjakan kapan saja sepanjang tahun.

Puasa pada hari senin dan kamis adalah salah satu puasa sunnah yang sangat dianujjrkan. Cara melaksnakan puasa sunnah ini tidak berbeda dengan puasa-puasa lainnya. Pelaksanaan puasa ni akan jauh lebih sempurna jika dikerjakan dua-duanya, meskipun demikian, tidak berarti bahwa orang yang hanya melakukan salah satunya tidak mendapatkan pahala dari puasa yang dilaksanakannya (Hal. 65).
Amalan lain yang juga tidak lepas dari pembahasan buku ini adalah amalan dzikir dengan berbagai jenisnya. Amalan ini memang tergolong sederhana. Namun juga memiliki nilai pahala yang luar biasa. Dzikir diyakini juga ampuh untuk membersihkan hati dan jiwa manusia. Buku ini secara khsus mengulas kekuatan dzikir dan pahala yang akan di dapatkan bagi manusia yang istiqomah melakukannya. Pada  bab akhir kita bisa menyimak penjelasan dan uraian trebut.

Sesuai denga judul buku ini, diguyur cinta dan pertolongan Allah, seluruh rangkaian ibadah sunnah yang diulas dalam buku setebal 144 halaman ini pada dasarnya untuk menggapai kesempurnaan ibadah seorang hamba, yang implikasinya terhadap menetesnya rahmat, ridla, cinta dan pertolongan Allah. Buku ini menjadi pentujuk bagi umta muslim, agar bisa meraih ksempurnaan ibadah tersebut.  


Tulisan ini dimuat di harian Sapos, 28 Mei 2016


0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons