Rabu, 18 Mei 2016

Sehat, Bugar dan Natural

Judul : Revolusi Makan
Penulis : Dr. Hiromi Shinya
Penerbit : Qanita (PT. Mizan Pustaka)
Cetakan : Januari 2016
Tebal : 160 Halaman
ISBN  : 978-602-1637-89-0
Peresensi : Ahmad Wiyono*
Ada anggapan bahwa kesehatan kunci dari segala pergerakan kehidupan, karena tanpa kesehatan, kehidupan manusia akan menjadi kurang bermakna. Statemen ini tentu beralasan, mengingat laju kehidupan manusia di bumi ini sangat bergantung pada kondisi dan keberadaan raga termasuk jiwa yang sehat.

Manusia aka melakukan banyak cara dan upaya untuk bisa meraih hidup sehat dan bugar sepanjang hidupnya, ragam upaya itu diwujudkan dalam berbagai bentuk, seperti latihan dan oleh raga yang rutin, cek dan periksa kesehatan secaran intensif, hingga mengkonsumsi obat-batan serta suplemen yang diharapakn bisa menunjang kesehatan tubuh mereka. 

Namun demikian, ada cara hidup sehat dan bugar secara alami, tanpa harus bergantung pada tindakan medis dan obat-obatan yang berbahan kimia. Tipe ini disebut dengan pola hidup sehat secara natural. Dan buku karya Hiromi Sinya ini merangkum seabrek pengetahuan serta tata cara hidup sehat secara alami tersebut. Buku berjudul revolusi makan ini mengangkat rahasia dan solusi hidup bugar secara natural.

Fokus bahsan dalam buku terbitan Qanita ini adalah membongkar rahasia dan langkah 30 hari untuk sehat, langsing, dan Bugar sepanjang hayat. Di dalamnya mengulas seputar penanganan alami dibidang kesehatan tubuh manusia, meliputi cara sehat tanpa Obat, urgensi makanan sehat, cara alami menghilangkan alergi , jerawat, sakit kepala dan lain-lain. Bahkan penulis buku ini juga mengupas secara mendalam keajaiban puasa terhadap kesehatan manusia.

Salah satu solusi cerdas yag ditawarkan buku ini untuk mejaga kesehatan tubuh adalah dengan menjaga pola makan, dalam bahasa penulis disebut sebagai evaluasi pola makan. Dengan evalusai pola makan, manusia bisa mengetahui secara teratur letak kesalahan-kesalahan dalam mngkomsumsi makanan sehari-hari. Cara ini diyakini sangat efektif dalam merawat kesehatan tubuh dan meningkatkan kesehatan raga manusia itu sendiri.

Titik berat dalam hal ini bukan pada kalori dan nilai gizi, melainkan pada semudah apakah makanan kita dapat dicerna oleh tubuh?. Makanan yang mahal dan bergizi tinggi sekalipun tidak akan tererap seluruhnya ke dalam tubuh. Kebanyakan orang yang amat memperhatikan asupan kalori aka menghitung nilai kalori sebelum mengkonsumsi suatu makanan. Mereka berfikir, bahwa makanan berkalori rendah atau bebas kalori tidak akan mengakibatkan kegemukan sehingga aman untuk dikonsumsi. Ubahlah pola pikir semacam itu (Hal. 22-23).

Selain mengevalusi pola makan, resolusi hidup sehat dan bugar secara natural lainnya yang diurai dalam buku ini adalah pentingya memanfaatkan dan mengkomsumi bahan-bahan herbal, yang jelas-jelas bersumber dari alam. Cara ini tentu akan memberikan manfaat besar dikarenakan produk herbal yang bersumber dari alam relatif aman dari beragam efek samping, yang membahayakan tehadap kesehatan tubuh manusia.

Kunci utama untuk mengaktifkan daya hidup di dalam tubuh kita terletak pada tumbuh-tumbuhan. Anggapan bahwa mengonsumsi daging dapat membangkitkan stamina dan menyehatkan tubuh adalah pola pikir yang keliru. Dengan memahami dan memanfaatkan khasiat tumbuh-tumbuhan yang kaya daya hidup, puluhan triliun sel di dalam tubuh anda akan bekerja untuk menyehatkan dan meremajakan kondisi tubuh (Hal. 45).

Buku ini seakan membuka mata dan pikiran kita tentang arti sebuah kesehatan, kesehatan yang berawal dari alam, bukan bahan-bahan kimia yang mengandug efek samping dalam jangka panjang. Buku setebal 160 halaman ini membedah resolusi hidup sehat secara natural. Penulis juga membongkar rahasia-rahasia alam yang bisa dimanfaatkan untuk stabilitas kesehatan umat manusia.



Tulisan ini dimuat di Harian Jateng Pos, 10 April 2016

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons