Rabu, 25 Mei 2016

Mengenal Metodolgi Belajar Kaum Yahudi

Judul : Membongkar Metode-metode
                  Pembelajaran Brilian Orang Yahudi
Penulis : Defi Luhvian
Penerbit : Diva Press
Cetakan :. 1. Pebruari 2016
Tebal : 167 Halaman
ISBN : 978-602-296-196-3
Persensi : Nur Anisah
Setiap manusia tentu memiliki ciri dan karakteristik tersendiri dalam melakukan proses pembelajaran, baik di sektor formal maupun non formal. Kekhasan itu selanjutnya menjadi parameter berhasil tidaknya proses pembelajaran itu sendiri. Itu sebabnya, banyak orang selalu melakukan inovasi pembelajaran, tujuannya agar output dan out come-nya tercapai sesuai dengan harapan.

Inovasi pembelajaran itulah yang rupanya terus digerakkan oleh kaum Yahudi dari masa ke masa. Beragam metodologi pembelajaran terus diperbaharui oleh bangsa tersebut, mulai dari jalur pembelajaran formal, hingga pendidikan keluarga,  dengan tujuan lahirnya generasi-generasi cerdas dengan pemikiran brilian dan berhasil menjadi nilmuan. 

Beragam metodologi pembelajaran bangsa Yahudi yang terus berinovasi itu bisa kita temui dalam buku karya Delfi Luhvian ini, di dalamnya mengupas banyak sisi tentang cara dan rahasia sukses bangsa Yahudi. Mulai dari sejarah dan konsepsi umum pendidikan yahudi, metode belajar mengajar dalam pendidikan formal dan informal, termasuk yang tak kalah pentingnya adalah, buku ini mengurai tentang rahasia mengasah Kecerdasan Intlektual (IQ).

Hasilnya, banyak sekali orang yahudi yang kemudian menjadi tokoh dunia dan penemu luar biaa. Dengan sederet penghargaan yang diraihnya. Kendati mereka masih tergolong kelompok minoritas dari bangsa-bagnsa lainnya, namun keunggulan dibidang sains dan teknologi yang terus mereka tonjolkan menjadikan bangsa Yahudi  termasuk dalam kategori bangsa maju.

Diantara metodologi pembelajaran yang diterapkan dan berhasil menjadi kunci kejeniusan bangsa Yahudi adalah pemberlakukan intergasi pendidikan dengan kehidupan sehari-hari, yaitu dijadikannya pendidikan sebagai aktfiitas utama dalam kehidupan masyarakat Yahudi. Selain itu, bangsa ini juda menerapkan pencitraan yang kokoh tentang keyahudiaan bagi seluruh anak didiknya. Alhasil, semua peserta didik bangsa Yahudi selalu mengunggulkan identitas keyahudian tersebut.

Penguatan pendidikan bagi bangsa Yahudi rupanya juga sudah dilakukan sejak dini, bahkan sejak bayi dalam kandungan. Model ini dikenal dengan metode Studi Mandiri, berupa cara cerdas pengayaan sejak dalam kandungan. Metode informal ini berjalan ecara massif melalui pengawalan formal yang sudah diberlakukan dikalangan bangsa Yahudi gersebut. 

Keistimewaan bangsa Yahudi dalam belajar adalah ketekunan dan kegigihan mereka. Mereka sama-sama sadar bahwa pendidikan sama wajibnya dengan beribadah pada Tuhan. Banyak orang bertanya, “kenapa Yahudi lebih cerdas dari bangsa yang lain?”, selanjutnya lahir jawaban, “karena bangsa Yahudi terwarisi otak yang lebih unggul secara genetik” (Hal. 122-123).


Tulisan ini dimuat di Harian Kabar Madura, 26 Mei 2016





0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons