Rabu, 25 Mei 2016

Fakta Ilmiah Dalam Kitab Suci

Judul : 50 Misteri Dunia Menurut Al-Qur’an
Penulis : Andrie Mesapati, dkk
Penerbit : Mizania
Cetakan : 1. 2016
Tebal : 326 Halaman
ISBn : 978-602-1337-84-4
Peresensi : Ahmad Wiyono*
Al-Qur’an merupakan kitab suci umat islam, yang di dalamnya berisi tuntutnan secara universal. Itu sebabnya, Al-Qur’an disebut dan diyakini sebagai Imam. Selain itu, Kalamullah ini juga memuat pelbagai fakta ilmiah yang berkaitan dengan alam semesta, hampir semua fenomina dan fakta yang telah dan akan terjadi dimuka bumi ini sudah dijelaskan dalam kitab yang sekaligus mukijzat nabi Muhammad tersebut.

Pembahsan seputar fakta ilmiah dan fakta sains dalam Al-Qur’an bisa kita temukan dalam buku 50 Misteri Dunia Menurut Al-Qur’an ini, secara mendalam buku ini mengurai banyak hal terkait peristiwa atau fenomina alam yang telah dialami oleh manusia di muka bumi ini, termasuk juga peristiwa-peristiwa ilmiah yang ditafsir akan terjadi di suatu hari nanti.

Tsunami mislanya, satu peristiwa alam yang sudah mulai familiar di telinga bangsa kita, hal itu dikarenakan peristiwa ini kerap melanda negeri ini, termasuk negeri-negeri di belahan dunia. Terlebih sejak peristiwa 26 Desember 2004, di mana tsunami mengguncang aceh dan menelan jutaan jiwa. Al-Qur’an telah mengurai peristiwa alam ini sejak bertahun-tahun silam. Mulai dari pengertian dasar tsunami, hingga dampak yang akan dirasakan mahluk akibat terjangan musibah itu.

Bencana gempa tsunami menyebabkan lautan semakin luas, sementara daratan menyempit. Hal ini telah termaktub dalam Al-Qur’an Surah Al-Ra’d (13) ayat 41. Yang artinya; “dan apakah mereka tidak melihat bahwa kami mendatangi daerah-daerah (orang yang ingkar kepada Allah). Lalau kami kurangi (daerah-daerah) itu (sedikit demi sedikit) dan tepi-tepinya?. Dan Allah menetapkan hukum (menurut kehendak-Nya). Tidak ada yang dapat menolak ketetapan-Nya, Dia Maha cepat perhitungan-Nya” (Hal. 68).

Fakta ilmiah lainnya yang diulas secara detil dalam buku terbitan Mizania ini adalah seputar fenomina Matahari hitam di Denmark, Mahluk hidup di dalam batu padat, Fenomina pelangi api, Crop Cirdes di bawah laut. Seluruh fenomena alam yang telah berhasil dikaji secara ilmiah tersebut rupanya sudah menjadi bagain dari pembahsan Al-Qur’an, jauh sbeelum penemuan-penemuan mutalhir para ilmuan itu dipopulerkan.

Buku ini hendak meluruskan pemahaman banyak orang tentang fakta ilmiah termasuk sains dan fenomena alam yang kadang diyakini hanya bisa dkaji secara keilmuan spesifik, ke arah keilmuan Al-Qur’an secara kontelkstual dan universal. Dalam bahasa penulis, banyak fenomina alam yang unik dan penemuan-penemuan situs, fosil, artefak misterius relevan dengan fakta-fakta yang dinyatakan dalam Al-Qur’an. Tentu dengan pembahasan yang lebih kontekstual dan bahasa kontemporer yang mudah dicerna oleh pembaca.

Dengan menggali lebih dalam isi buku ini, kita bisa menyelami samudera kelimuan yang disuguhhkan kitab suci Al-Qur’an tentang fenomena alam raya, terutama yang sudah pernah kita lihat atau kita dengar, buku ini mengungkap beragam fgenomena yang terjadi di berbagai belahan dunia dengan pendekatan ilmiah lengkmap dengan data serta gamnbar yang tentunya bisa dipertanggungjawabkan. Yang semua itu sudah termaktub dalam firman-firman-Nya.


Tulisan ini dimuat di Harian Sapos, 23 Mei 2016





0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons