Rabu, 18 Mei 2016

Perempuan di Balik Sukses Yahoo

Judul : Marissa Mayer
Penulis : Nicholas Carlson
Penerjemah : Yuna Tripeni
Penerbit : Bentang Pustaka
Cetakan : Desember 2015
Tebal : 366 Halaman
ISBN : 978-602-291-125-8
Peresensi : Ahmad wiyono*
Banyak orang mengenal Yahoo sebagai salah satu perusahaan raksasa dunia, namun jarang yang tahu siapa saja sosok dibalik keberhasilan perusahaa internit kelas wahid  tersebut?. Adalah Masrissa Mayer, sosok perempuan tangguh yang rupanya menjadi salah satu penentu keberhasilan Yahoo tersebut.

Narasi Sosok dan sepak terjang Mayer dalam membawa Yahoo ke puncak kesuksesan bisa kita temukan dalam buku berjuduk Masrissa Mayer; Keputusan-keputusan Kontroversial dan Misi Menyelamtakan yahoo dari Kebangkrutan karya Nicholas Carlson ini. Buku ini mengisahkan secara utuh pergerakan Mayer dalam merevitalisasi manejemen, pola kerja  dan sistem perusahaan Yahoo. 

Berbekal keberanian serta pengalamannya bergelut di Google selama bertahun-tahun, dia mampu mengajak ribuan karyawan melakukan sejumlah terobosan untuk memajukan Yahoo. Ide dan gagasan segaranya yang terkenal kontroversial selalu diimbangi dengan strategi jitu untuk memajukan perushaan yang sedang digelutinya tersebut.

Alhsasil, perempuan visionir ini mampu mengangkat keterpurukan Yahoo yang dialami sejak tahun 2000-an, Yahoo hampir mengalami klimaks kehancuran ketika saat itu satu persatu sahamnya berkurang sebanyak Sembilan persen, dan itu terjadi setiap hari. Bahkan Yahoo sudah diklaim sebagai perusahaan internit yang ketinggalan Zaman.

Mayer membuktikan kehebatannya, dia mulai menata dari segala aspek. Managerial, evaluasi kinerja dan loyalitas karyawan, hingga jaringan atau kolega yang direvitalisasi. Dan dalam kurun waktu yang rlatif singkat, Yahoo kembali bersinar, inovasi dan terobosan kerja Mayer menjadikan Yahoo kembali terangkat dari kebangkrutan. Dan sejak saat itulah, perempuan Tangguh itu berhasil menjadi pahlawan Yahoo.

Jika ini adalah kisah pahlawan super, sudah jelas dari bagian ini bahwa meski ada banyak kesulitan, pada akhirnya Mayer akan menyelamatkan perusahaan (hal. 319).


Tulisan ini dimuat di harian Nasional, 23 April 2016

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons