Rabu, 18 Mei 2016

Panduan Pendidikan Karakter ala Al-Ghazali

Judul : Jalan Orang Bijak
Penulis : Imam Al-Ghazali
Penerjemah : Fauzi Faishal Bahreisy
Penerbit : Zaman
Cetakan : 1. 2016
Tebal : 332 Halaman
ISBN : 978-602-1687-60-4
Persensi : Ahmad wiyono*
Isu pendidikan karakter di indonesia mulai mengemuka sejak beberapa tahun terakhir, konsep dan  penerapannya dipandang urgen dikarenakan banyak ditemukan kelemahan dalam praktek pendidikan kita selama ini, utamanya dalam konteks fenomina merosotnya moral peserta didik dan remaja secara umum sebagai salah satu sasarn pendidikan nasional kita.

Diantara sekian banyak model dan konsep pendidikan karakter yang telah diterapkan di negeri ini, ternyata ada satu metodologi pendidka karakter klasik yang telah diteraokan oleh seoang imam sekaligus penulis kenamaan yaitu Al-Ghazali. Beliau adalah tokoh sekaligus uswah dalam penerapan metode tersebut. Metode itu yang belakangan disebut sebagai metode itergasi moral dan amal. 

Dalam buku berjudul Jalan Orang Bijak ini, Al-Ghazali menjabarkan secara detil konsepsi pendidikan karakter tersebut, secara mendalam beliau mengulai arti penting sebuah moralitas yang terintegrasi dengan amaliyah kehidupan, sehingga menjadi kunci terbentuknya manusia yang berkarakter, religus dan profesional. Ini yang disebut sang Imam sebagai praktek menyesuaikan antara niat dan amal.

Ajaran mendasar Al-Ghazali yang saat ini rupanya mulai bergeser di dunia moderen adalah konsepsi ketaatan. Bergesernya ketaatan itu tentu berimplikasi secara sistemik terhadap pergerakan moral bangsa kita –utamanya peserta didik-, artinya tak bisa kita pungkiri bahwa serentetan tindakan amoral yang dilakukan oleh remaja kita disebabkan oleh melemahnya jiwa ketaatan meraka terjhadap orang yang mestinya mereka taati, yaitu orangtua, guru dan lain-lain.

Dalam buku ini, Al-0Ghazali mencoba menelaah tentang arti penting konsep ketaatan tersebut, konsepsi itu beliau wujudkan dalam jabaran amalan-malan ketaatan yang sudah seharusnya dikerjakan oleh bangsa kita, jika hal itu bisa dikerjakan, maka pintu masuk ke arah revitalisai moral sebagai ujung tombak pendidikan karakter sudah terbuka lebar. 

Amalan ketaatan yang dimaksud oleh Al-Ghazali adlah seputar kegiatan amaliah keseharian yang bisa jadi kita anggab sederhana, namun dampaknya sangat luar biasa terhadap pembentukan mental dan karakter bangsa, seperti adab dalam kegiatan sehari-hari, mulai dari tdur, bangun tidur, mandi, makan dan seluruh rentetan kegiatan keseharian kita. Semua itu jika dilandasi pada adab dan amalan ketaatan  tersebut, maka secara otomatis akan membentuk karakter yang positif dari anak-anak kita.

Ajaran Al-Ghazali dalam buku terbitan Zaman ini secara spesifik mengarah pada pembentukan mental dan karakter yang positif, karenanya dalam setiap petuahnya, beliau selalu menekankan pola bertindak benar dan sesuai dengan ajaran Islam. Pada sisi inilah muatan pendidikan  karakter itu terwujud, lambat atau cepat, generasi kita akan terbentuk menjadi generasi unggul dan berkarakter. Ini yang menurt Al-Ghazali sebagai adab yang bersifat universal dan komperhensif.

Tidak hanya menjadi bahan bacaan, buku ini  hadir sebagai terapi spiritual dan moral. Mengajak kita untuk selalu mengenal siapa diri kita yang sebenanya, baik di hadapan manusia, utamanya di hadapan Allah. Dengan begitu, manusia akan selalu mengerti dan mengetahui mana jalan yang harus dilalui, dan mana yang harus dihindari. Nah, potret dan konsep inilah yang sebenarnya menjadi substansi pendidikan karakter. Merevitalisasi mental, spirrual dan moral.

Wahai anak adam, siapa yang risau, maka akulah yang memberikan jalan keluar bagi kerisauannya itu. Siapa yang minta ampun, maka akulah yang mengampuninya. Siapa yang bertobat, akulah yang akan melindunginya. Siapa yang telanjang, akulah yang akan memberikan pakaian padanya. Siapa yang takut, akulah yang akan memberi rasa aman padanya (Hal. 332). 


Tulisan ini dimuat di Harian Jawa Pos Radar Madura, 15 Mei 2016


0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons