Rabu, 18 Mei 2016

Mengurai Manfaat Bangun Pagi Untuk Kesehatan

Judul : Dahsyatnya Bangun Pagi, Lari Pagi 
                  dan Berfikir Positif Bagi Kehidupan Anda
Penulis : Adi D. Tilong
Penerbit : Diva Press
Cetakan : 1. Desember 2015
Tebal : 204 Halaman
ISBN : 978-602-391-029-8
Peresensi : Ahmad Wiyono*
“Tersenyumlah di Pagi hari, agar kau bisa tersenyum sepanjang Hari” (H.D. Zawawi Imron).

Pagi, bagi sebagian orang masih dianggap sebagai waktu untuk bermalas-malasan, uring-uringan dan sejenisnya, sehingga sering kita jumpai sebagian orang memanfaatkan suasana pagi hanya di tempat tidur atau paling tidak di ruang keluarga. Padahal, banyak manfaat yang bisa diambil dari Susana pagi itu sendiri.

Sejarah membuktikan ada banyak tokoh penting di dunia ini yang sukses menjalani karier dan profesinya lantaran berawal dari kebiasaan mereka bangun di pagi hari, dikarenakan ketika mereka sudah bangun di waktu pagi, maka banyak hal yang mereka bisa lakukan untuk mengisi pagi tersebut, mulai dari olahraga ringan, hingga mempersiapkan seabrek tugas dan pekerjaan secara lebih baik.

Salah satu tokoh dunia yang terbiasa bangun dan mengisi pagi dengan beberap aktifitas ringan adalh Barack Obama, dia merupakan figur tokoh dunia yang sukses menata karirnya di dunia politik. Siapa sangka, bahwa diantara seabrek kesibukan yang dimilikinya, dia masih terbiasa bangun pagi dan mengisi paginya dengan beragam aktifitas. Jam berapa pun Obama Tidur, ia tetap bangun lebih pagi dan selalu menyempatkan diri untuk berolahraga (Hal.11).

Buku Dahsyatnya bangun Pagi, Lari Pagi dan Berfikir Positif Bagi Kehidupan Anda ini secara detil mengulas tentang manfaat dan khasiat bangun lebih pagi terhadap kesehatan. Ada tiga aspek penting yang menjadi satu rumpun pembahsan dalam buku ini, yaitu bangun pagi, lari pagi dan berfikir positif. Tiga hal ini memiliki dampak luar biasa terhadap kesehatan. Namun demikian, tiga hal ini bisa diraih jika kita sudah memulai mebiaskan bangun pagi, karena dari bangun pagi akan berimplikasi pada kegiatan olaraga, serta berfikir jernih atau positif.

Memang bukan sesuatu yang mudah menjalankan kebiasaan tersebut, banyak sekali tantangan yang akan dihadapi oleh setiap orang. Salah satunya adalah sifat malas, Namun demikian, bangun pagi pasti bisa dilakukan apabila seseorang telah membangun spirit dan kesadaran bahwa kesehatan jauh lebih penting dari sekedar bermalas-malasan, dan kesehatan itu salah satunya bisa diraih dengan cara membiasakan bangun pagi.

Tips dan trik yang ditawarkan buku ini agar kita lebih mudah membiasakan bangun pagi diantaranya adalah denga membiasakan tidur lebih awal, makan malam lebih awal, menghindari minum kopi serta yang terpenting adalah motivasi terhadap diri sendiri. Hal itu bisa diwujudkan dalam bentuk meggunakan jam beker dan lain-lain. Semua itu tentu harus dilakukan secara bertahap. Sehingga pada akhirnya, kita dengan mudah mebiasakan bangun sepagi mungkin.

Dengan menggunakan metode dan penjelasan ilmiah seputar manfaat bangun pagi, buku ini hadir menyajikan informasi seputar kedahsyatan bangun pagi, lari pagi terhadap kesehatan manusia. Pendekatan riset yang dituangkan dalam buku ini cukup meyakinkan pembaca bahwa seluruh uraian  dalam buku ini sudah terbukti dan teruji. Implikasi kesehatan adalah wujud nyata dari serentetan kebiasaan bangun pagi yang dilakukan tersebut.

Beberapa fakta ilmiah yang disodorkan dalam buku terbitan Diva Press ini kaitannya dengan dahsyatnya bangun pagi tersebut antara lain, bangun lebih pagi ternyata menjadikan orang lebih bahagia, lebih pro aktif, tubuh lebih sehat dan panjang umur, lebih sukses, menimgkatkan produktifitas, mengasah kemampuan otak dan menjadi lebih pintar, meningkakan kesehatan mental, serta beberapa fakta ilmiah lainnya.

Bangun pagi lebih awal dapat meningkatkan produktifitas, karena anda memiliki waktu yang cukup untuk menyiapkan pekerjaan saat orang-orang masih tertidur. Pada waktu pagi, anda memiliki waktu yang sangat tenang serta jauh dari berbagai gangguan. Ini sangat baik untuk dimanfaatkan untuk berkonsentrasi (Hal. 47).

Manfaat olahraga pagi, serta berfikir positif bagi kehidupan juga menjadin uaraian penting dalam buku ini, pada bagian akhir, diulas secara khsusus tentang dahsyatnya lari pagi dan berfikir positif. Namun sekali lagi hal itu dtentukan oleh bisa tidaknya seseorang bangun lebih pagi. Kajian ilmiah yang digunanakan dalam setiap pembahasan buku ini menjadikan pembaca semakin yakin terhadap seluruh informasi yang disodorkan oleh buku karya Adi D. Tilong ini. Selamat membaca, dan salam hidup sehat.


Tulisan ini dimuat di Harian kabar Madura, 18 April 2016


0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons