Senin, 30 Mei 2016

Membangun Optimisme Sepenuh Hati

Judul : Optimis 1000 %
Penulis : Mustawa Abuzhafa
Penerbit : Tinta Medina
Cetakan : 1. 2016
Tebal : 204 Halaman
ISBN : 978-602-0894-10-2
Peresensi : Ahmad wiyono*
Merupakan sunnatullah, manusia mengalami pasang surut dalam kehidupan. Susah dan senang, manis dan pahit adalah sesautu yang pasti dialami. Hanya saja ada sebagian manusia yang hanya siap salah satunya, misalnya hanya siap senang, namun tidk siap susah. Padahal, roda terus berputar, dan akan kita tiba saatnya kita harus merasakan sesuatu yang sebenarnya tidak kita inginkan.

Dalam situasi seperti ini yang dibutuhkan manusia hanyalah sikap percaya diri. Bukan masalah seberapa besar dan seberapa lama kita terjerembab dalam kubangan pahit, namun seberapa kuat kita punya keyakiann dan kemahuan untuk berbenah dan bangkit. Dan sikap optimis adalah kunci dari segalanya. Meyakini bahwa semua akan bisa dilalui dengan baik merupakan solusi dari kegetiran yang tengah kita hadapi.

Optimis 1000 persen, sebuah buku yang mengajak manusia untuk selalu menatap jauh ke depan, bukan hanya meratapi apa yang sedang terjadi. Buku ini memberikan solusi bagaimana manusia bisa hidup dengan penuh semangat sepanjang hari, minggu, bulan bahkan tahun. Sehingga, pergerakan hidup manusia akan selalu penuh semangat, kendati dalam situasi yang kurang menggembirakan. Karena kuncinya, sekali lagi ada pada kepercayaan diri dan optimisme.

Dalam islam, diajarkan betapa manusia diharuskan untuk selalu optimis, dan tidak dibolehkan pesimis. Pesimis dalam kata lain adlah putus asa. Maka sikap putus asa termasuak sikap yang dilarang oleh Agama. Manusia yang terbiasa putus asa sama halnya tidak meyakini dengan kekuatan Tuhan. Artinya, manusia yang selalu putus asa dianggap sebagai manusia lemah tak berdaya.

Putus asa itu dosa, demikian yang sering kita dengar di dalam masyarakat. Padahal, di dalam Islam, putus asa bukan hanya dosa, melainkan juga merupakan sifatnya orang-orang kafir. Sebagaimana firman Allah SWT, dan jangan kamu perputus asa dari Rahmat Allah. Sesunggunya yang berputus asa dari rahmat Allah, hanyalah orang-orang yang kafir” (QS. Yusuf. 12:87). (hal. 1).

Demikianlah, subtsnai optimisme dalam Islam, secara nyata, Allah sudah menegaskan bahwa pesimis atau putus asa adalah sifatnya orang-orang kafir. Untuk itu sudah seharusnya kita menghindari sifat tersebut. Selain optimis, langkah berikutnya yang harus dimiliki oleh manusia adalah sabar. Sabar menjadi kunci keberlangsungan optimisme itu sendiri. Seberat apapun persoalan hidup, jika dilandasi sikap sabar, maka semua akan terselesaikan dengan baik, dan secara otomatis sikap sabar berimplikasi pada optimisme.

Ibnul Qayyim al-Jauziyah mngemukanan bahwa kedudukan sabar dalam iman laksana kepala bagi seluruh tubuh. Apabila kepala sudah terpotong, tidak ada lagi kehidupan dalam tubuh (Hal. 79).

Seluruh uraian dalam buku terbitan Tinta Medina ini menjadi panduan bagi kita semua dalam menjalani hidup in, filosofi kehidupan seperti roda tentu nyata adanya, tak ada kebahagaiaan abadi, pun tak ada sesusahan abadi. Semua silih bergati sesuai perjalanan waktu. Maka percaya diri, optimis serta sabar menjadi solusi cerdas dalam mengikuti laju roda kehidupan tersebut.

Selain itu, buku ini juga membahas pentingnya tawakkal. Dalam arti lain, tawakkal adalah proses menyerahkan atau memasrahkan segala sesuatu yang telah kita ikhtiyarkan kepada Allah. Ini menjadi puncak wujud optimisme manusia. Tidak putus asa, kemudia sabar, ujungnya adalah tawakkal. Nah, dalam fase inilah manusia sudah bisa mengerti dan memahami keberadaan dirinya sebagai hamba. Yang semua perubahan akan ditentukan okeh yang Maha Kuasa.

Dengan kata lain, tawakkal juga diartikan sebagai pancaran dari sikap optmis yang dibuktikan dengan kekuatan doa dan kekuatan usaha secara optimal. Usaha yang dilakukannya itu sepenuh hati dan dibuktikan dengan kesungguhan secara fisik (Hal. 159-160).


Tulisan ini dimuat di harian Sapos, 28 Mei 2016


0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons