Rabu, 25 Mei 2016

Resolusi Hidup Bahagia

Judul : Happiness Every Day
Penulis : Safiya Hussain
Penerbit : Zaman Jakarta
Cetakan : 1. 2015
Tebal : 345 Halaman
ISBN : 978-602-1687-74-1
Persensi : Ahmad Wiyono*
Gorgias di dalam tulisan Plato berpendapat, bahwa kebahagiaan seseorang terletak di dalam kemampuannya untuk mewujudkan apa yang ia inginkan, apapun bentuknya. Statmen ini menjadi rujukan penting bagi kita, bahwa jika manusia hendak bahagia tentu harus diperjuangkan dengan baik, seperti kata bijak “gagal merencanakan, berarti merencanakan kegagalan”.

Buku Happiness Every Day karya Safiya Hussain ini hadir menjadi resolusi bagi kita semua dalam upaya merajut kebahagiaan hidup, tentu bahagia setiap hari sepanjang tahun. Berisikan strategi dan tips untuk bisa menggapai kebahagiaan hidup, buku ini begitu istimewa untuk dijadikan bahan bacaan sekaligus guru dalam merajut kebahagiaan.

Ada 365 tips dan stratgi yang diulas dalam buku terbitan Zaman ini, dengan kata lain, termaktup resep hidup bahagia setiap hari selama satu tahun penuh. Mulai dari hari pertama di pembukaan tahun hingga hari terakhir pada ujung tahun itu sendiri. Dengan pola kajian yang berdasar pada perspektif islam sekaligus nila-nilai universal, buku ini sangat menginspirasi kita semua untuk bisa meraih hakikat kebahagiaan hidup yang sejati.

Bahasan utama yang menjadi kunci resolusi kebahagiaan hidup sepanjang tahun dalam buku ini adalah terletak pada kesigapan dan kemampuan manusia dalam mensinergikan antara kegiatan yang besifat duniawi dan ukhrawi. Sehingga pola gerakan jiwa dan raga bisa terkontrol dengan baik, dan itu yang menjadi pintu masuk tercapainya hakikat kebahagiaan.

Signifikansi pengetahuan tentang orientasi hidup manusia sebagai kholifatullah merupakan rujukan universal bagi segenap umat manusia dalam upaya meraih kebahagiaan hidup, agar nantinya bisa merajut hakikat kebahagiaan yang sempurna. Yaitu kebahagiaan di dunia dan tentu di alam kemudian. Maka buku ini pun mengajari kita untuk meraih hal tersebut.

Selain berisi pesan, uraian 365 tips hidup bahagia ini juga menjadi spirit hidup bagi manusia, tentang bagaimana manusia bisa melakukan inovasi hidup menuju kehidupan yang lebih baik, dan kehidupan yang lebih baik tersebut nantinya akan bermuara pada satu siklus kehidupan paripurna, yaitu kehidupan yang bahagia dan membahagiakan.

Seperti menu makan harian yang variatif, buku ini sungguh mempesona dan sangat kontributif untuk “kesehatan” jiwa dan raga manusia. Jika selama satu tahun kita bisa mengimplementasikan segala tips dan strategi harian ini , maka sangat mungkin kebahagiaan hidup bisa dicapai oleh manusia. 

Hal yang urgen lainnya tentang resolusi meraih kebahagaiaan hidup setahun penuh adalah dengan meninternalisasi proses penghambaan manusia kepada sang kholik, sehingga setiap pergerakan manusia selalu terarah pada tujuan jangka pajang dari kehidupan itu sendiri. Buku ini layak menjadi pendamping hdup manusia, karena karya ini bisa berdampak pada penanaman cinta pada Tuhan dan sesama, dan yang paling penting mengingatkan kita semua pada tujuan akhir hidup dindunia ini.


Tulisan ini dimuat di Majalag Manhajul Afkar, Mei-Juni 2016 


0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons