Rabu, 18 Mei 2016

Cara Tepat Meraih Hidup Sehat

Judul : Buku Pintar Hidup Sehat
Penulis : The Doctors dan Mariska Van Aalst
Penerbit : Serambi Ilmu Semesta
Cetakan : I, 2015
Tebal : 348 halaman
ISBN : 978-602-290-058-0
Peresensi : Ahmad wiyono*
“Kesehatan memang bukan segalanya, namun segalanya menjadi tidak berarti tanpa kesehatan”. Begitu pepatah lama mengatakan, menggambarkan betapa urgennya arti sebuah kesehtan, maka signifikansi perilaku hidup sehat, menjadi penentu tercapainya kesehatan diri manusia.

Gaya hidup, serta pola makan yang tak terkontrol, ditambah kian maraknya aneka makanan yang kurang terjamin higintas dan jaminan kesehatannya, rupanya menjadi problem besar bagi umat manusia dalam upaya menjaga kesehatan tubuh, ancaman demi ancaman mulai menghantui seiring kian bebasnya tubuh mengasup segala jenis makanan tersebut. Diperparah lagi dengan kondisi minimnya perilaku hidup bersih dan sehat yang hal itu disebabkan oleh budaya malas yang dimilki oleh manusia itu sendiri.

Sejatinya, budaya hidup sehat bisa diakukan manusia dengan cara yang relatif mudah, murah dan hemat, tergantung pada kemahuan dari manusia itu sendiri. Waktu dan kesempatan selalu terbuka lebar untuk dimanfaatkan sebagai media untuk membudayakan hidup sehat. Sehingga, tak ada alasan untuk mengatakan tidak ada waktu untuk sehat. Dan jurus-jurusnya bisa kita jajaki dalam buku berjudul Buku Pintar Hidup Sehat ini.

Berawal dari sebuah pertanyaan mendasar yang dilontarkan oleh banyak orang tentang bagaimana cara agar bisa hiduap sehat, serta tetap memiliki banyak waktu untuk membudayakannya?, Buku ini kemudian menjadi serumpun kesimpulan atas sederet pertanyaan tersebut, yang diolah tim dokter dalam sebuah acara di salah satu stasiun televisi beberapa waktu lalu.

Uraian substantif dalam buku ini adalah tentang hakikat waktu untuk kesehatan, yang  di dalamnya mengulas tentang bagaimana manusia bisa meghadirkan waktu dan tidak hanya memanfaatkan waktu yang sudah tersedia,. Hanya dalam hitungan menit, manusia bisa membuat perencanaan kesehatan yang luar biasa pengaruhnya untuk perubahan tubuh seumur hidupnya.

Salah satu trik cerdas dalam menggapai hidup sehat adalah terletak pada ketangkasan sesorang dalam memilih jenis makanan yang akan dikonsumsi, utamnya jenis makanan nabati yang sangat besar pengarunya terhadap kekebalan tubuh. Seperti madu misalnya, membiasakan mengkonsumsinya menjadi salah satu kata kunci keberhasilan manusia dalam menggapai hidup sehat wal afiat. Sejumlah penelitian telah menyebutkan, bahwa madu sangat baik untuk kesehatan, dan bisamenjadi obat segala macam penyakit.apalagi madu lokal. Dibutuhkan 5 menit untuk pencarian madu (Hal. 95).

Melalui buku ini, kita diajak untuk menjadi manusia yang sukses meraih kesehatan, karena di dalamnya tidak hanya mengulas tentang teosi hidup sehat, namun uga berdasar pada fakta emperik dari beberapa penelitian kesehatan yang telah menguji jutaan orang d duna. 

Selain itu, ada beberapa resep dan saran-saran dokter yang sengaja diulas secara detil tentang bagaiamna cara mengubah pola hidup yang kurang baik menjadi pola hidup yang lebih baik dengan spirit membudayakan hidup sehat. menawarkan cara mudah dan ampuh untuk dipraktikkan setiap hari agar dapat meningkatkan kesehatan  seumur hidup. Sehingga, substansi kesegatan bisa dirasakan oleh manusia.

Hal mendasar yang bisa kita raih dalam hidup ini, melalui ilmu yang kita adob dari buku terbitan Serambi ini adalah  tercapainya hidup sehat, jiwa dan raga. Hal itu sebagai implikasi dari terselengaranya pola hidup sehat, berupa tiindakan nyata membuat perubahan-perubahan kecil yang berdampak besar terhadap kehidupan kita. Buku ini membantu pembaca memecahkan berbagai masalah kesehatan sehari-hari,  sekaligus akan mengantarkan kita menuju hidup sehat, bugar dan panjang umur.


Tulisan ini dimuat di harian Kabar Madura, 12 April 2016













0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons