Kamis, 05 Februari 2015

Saatnya Bercinta Dengan Pekerjaan

Juful Buku : Rumah Kedua; Kumpulan Kisah Inspiratif di dunia Kerja yang Seru
Penulis : @Nutrifood
Penerbit         : PT. Gramedia Pustaka Utama
Cetakan           : 1. 2014
Tebal : 14o Halaman
ISBN : 978-602-03-0138-9
Peresensi        : Ahmad Wiyono

Dunia kerja atau kantor selalu identik dengan kesibukan dan tugas yang menumpuk, rutinitas itu tak jarang membuat seseorang atau karyawan menghabiskan waktu seharian di dalam kantornya, bahkan harus menambah jam lembur di malam hari.

Siapapun orangnya, jika setiap hari dihadapkan pada tumbukan berkas, layar monitor computer hingga potongan potonan kertas jelas akan mengalami kejenuhan, kejenuhan yang secara  tidak sengaja lahir seiring waktu. Dan saat itulah manusia kadang harus mengalami puncak keletihan yang berujung pada satu keputusan yang tak sehat, mundur misalnya, atau hal lain yang tak semestinya dilakukan.

Padahal sebenarnya, seabrek rutinitas yang berimplikasi pada kejenuhan kerja tersebut bisa disiasati dengan berbagai hal, tentunya siasat yang memancing motivasi atau setidaknya menginspiring ghirah kerja manusia.

Seperti yang terurai dalam buku “Rumah kedua; Kumpulan Kisah Inspiratif di Dunia kerja yang seru” ini, setidaknya para karyawan di satu perusahaan besar ini mencoba menginspirasi agar bisa menciptakan motivasi kerja ditengah himpitan kesibukan yang mendera.

Salah satunya dengan mendengarkan cerita positif para konsumin misalnya, cerita cerita mereka secara langsung akan menambah nilai semangat bagi para karyawan, karena secara tidak langsung konsumin telah menceritakan keberhasilan mereka dalam bekerja.

Cerita cerita dari Konsumen semacam itulah yang membuat pekerjaan saya berarti, membuat saya merasa ikut berkonstribusi terhadap sesuatu yang lebih besar, tidak hanya sekedar jualan saja. Dari konsumen itulah saya belajar makin mencintai brand perdana yang saya tangani (hlm. 8).

Pernyataan Stefani Santoso di atas yang termaktub dalam buku ini tentunya bisa menginspirasi kita semua bahwa ada waktunya para karyawan mencari motivasi kerja dari para konsumen yang sering ia datangi, sehingga konsumen tidak hnay sekedar objek produk tetapi juga bisa menjadi motivator dari produk produk yang dilahirkan.

Buku terbitan Gramedia Pustaka ini memang hanya sebuah kumpulan cerita para karyawan di salah satu perusahaan besar di Indonesia, namun demikian kumpulan cerita ini sungguh penting dibaca oleh semua pihak utamanya para karyawan yang sedang bekerja di bidang apapun.

Selain mencari Motifasi positif dari konsumen, ada cerita unik lainnya yang diurai di buku setebal 140 halaman ini, seperti cerita Resti Maulina (Public Relation Administration), menurutnya, seorang karyawan apapun posisinya harus bisa mengedepankan sikap dan sifat rendah hati, sehingga bisa respek dalam kondisi apapun, ini juga bisa berpengaruh terhadap kualitas kerja seseorang.

Respect yang bagiku adalah upaya menghargai orang lain dari segi apapun, benar benar diparaktikkan di sini, aku percaya, nobody’s perfect, kuncinya jangan pernah tegakkan kepala , sombongkan diri, tanpa melihat ke bawah, kiri, kanan, depan dan belakang. Respect membuat kaki kita tetap menginjak bumi. (hlm. 56).

Artinya bahwa semangat kerja juga bisa terbangun dari lingkungan kerja yang nyaman, jika satu tim dalam satu kantor sudah saling menghargai, maka Suasana kerja akan nyaman dan semangat erja akan selalu tumbuh.

Semangat untuk bangkit
Setiap manusia di muka bumi hampir pasti akan mengalami satu keterpurukan, tak terkecuali seorang karyawan yang sehari hari bekerja pada satu perusahaan, pasti akan mengalami satu persoalan kerja, entah kesalahan tekhnis atau yang lainnya, sehingga mengakibatkan hal fatal dalam bekerja.

Namun yang jadi soal adalah, bukan seberapa besar kesalahan yang telah dilakukan, akan tetapi seberapa kuat kita berusaha untuk bangkit. Buku ini juga memuat kisah tentang pentingnya optimisme dalam bekerja terutama ketika menghadapi satu persoalan kerja.

Layaknya manusia lainnya, saya pernah mengalami saat saat down, saya merasa sangat beruntung karena saya didukung dengan lingkungan kerja yang sangat nyaman. Terutama karena tim kerja di Nutrifood bagi saya adalah keluarga kedua (hlm. 82).

Sekali lagi, penting sekali membaca buku ini, utamanya anda yang saat ini sedang menggeluti rutinitas di dunia kerja. Cerita cerita para kayrawan di buku ini sangat menarik dan inspiratif. Setidaknya cerita cerita mereka yang tertuang di buku ini akan menjadi motivasi kerja sehingga bisa meraih sukses dalam bekerja.

Ada pepatah bijak mengatakan bahwa setiap masa ada orangnya, dan setiap orang ada masanya. Layaknya roda kehidupan, apa pun dan dimana pun kondisi kita, beradaptasilah dan selalu bersyukur kepada-Nya (hlm. 97). Selamat bercita dengan pekerjaan anda.

Ahmad Wiyono: Jurnalis, Pengajar, Peneliti dan Pengasuh Rumah baca “Haidar Pustaka” Pamekasan madura


Tulisan ini dimuat di Kabar Madura

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons