Kamis, 05 Februari 2015

Jurus Jurus Jitu Pembuka Rezeki

Judul : Amalan Pembuka Rezeki
Penulis : Harits Priyana dan Lisdy Rahayu
Penerbit : Bunyan (PT. Bentang Pustaka)
Cetakan : 1 2014
Tebal : 200 halaman
ISBN : 978-602-291-030-5
Peresensi : Ahmad Wiyono*

Dalam menata hidup, manusia pasti mengharapkan rezeki yang terus mengalir secara dinamis, dalam hal ini rezeki yang dimaksud adalah keberadaan harta benda yang bisa menopang kehidupan manusia itu sendiri.  Keberadaan harta benda tersebut diyakini sebagai salah satu modal hidup manusia, karena dengan harta bendalah manusia bisa berinteraksi dan memenuhi kebutuhan hidup sehari hari. 

Kita tentu menyadari betapa sangat pentingnya keberadaan harta benda dalam kehidupan kita, sehingga kita kadang tak pernah berhenti untuk terus mencari dan mencari keberadaan harta itu sendiri. Dari rentetan usaha tersebut, banyak orang yang akhirnya bisa meraih keberhasilan dari usaha yang dilakukannya, namun tidak sedikit pula manusia yang berujung pada kegagalan dari segala usaha usahanya tersebut.

Nah. Dalam kondisi ini manusia perlu melakukan muhasabah, apa sebenarnya yang mejadi problem sehingga dari segenap ikhtiyar yang dia lakukan selalu berujung pada kegagalan. Buku yang berjudul “Amalan Pembukan rezeki” yang ditulis oleh Harits Priyana dan Lisdy Rahayu ini nampaknya mengcover problem soulving dari masalah tersebut.

Dalam buku ini diajarkan beberapa jurus ampuh agar manusia dengan gampang membuka pintu rezeki sehingga bisa mengalir secara terus menerus, amalan amalan ini yang jelas merupakan salah satu upaya yang harus dulakukan manusia sebagai pelengkap dari setiap ikhtiyar yang telah dilakukannya.

Salah satunya adalah membiasakan Sholat Dhuha, sholat yang dilaksanakan di pagi hari ini diyakini menjadi salah satu jurus pembuka rezeki yang ampuh untuk membuka rezeki itu sendiri. Bahkan dalam dunia akademik dan pesantren, sholat ini sering disebut sebagai “sholat Ekonomi”. Alasannya karena pada pelaksnaan sholat hingga doa solatnya, berisi tentang permohonan kelancaran rezeki manusia.

Sebagaimana diketahui bersama bahwa manfaat Solat Dhuha adalah bisa melapangkan rezeki manusia, bahkan, Sholat Dhuha bisa menjadi solusi riil bagi para muslim yang sedang dalam menyelesaikan permasalahan hidupnya. Jika sedang berada dalam masalah yang sangat pelik, kita sangat disarankan untuk melaksnakan Sholat Dhuha secara rutin. Dengan begitu Insya Allah tidak akan pernah putus limpahan rezeki dari Allah SWT (hlm. 112).

Jurus lainnya yang ditawarkan dalam buku ini adalah Sholat tahajjud, kita tahu Sholat tahajud adalah sholat yang biasa dilaksanakan sepertiga malam terakhir, sholat yang dilaksnakan ketika manusia tengah lelap dalam mimpinya masing masing.

Menurut sebagaian ulama, waktu tengah malam merupakan salah satu waktu istijabah yang jika masnuia berdoa kepada Allah, maka mudah untuk dikabulkan. Termasuk di dalamnya adalah permohonan rezeki serta kehidupan yang lapang.

Apa sebenarnya rahasia di balik bangun tengah malam untu Sholat tahajjud? Rahasia itu telah diungkap oleh Allah SWT dalam Al Qur’an Surat Al-Muzammil ayat 6-7, yang artinya, dan Bacaan di waktu itu lebih berkesan. Sesungguhny pada siang hari engkau sangat sibuk dengan urusan urusan yang panjang (hlm.94).

Sebagai mahluk sosial, manusia dianjurkan untuk selalu berkomunikasi satu sama lain, komunikasi langsung berupa silaturrahmi atau bermain ke sesama manuia. Buku setebal 200 halaman ini juga mewasiatkan kepada segenap manusia untuk membiaskaan silaturahmi antar sesama termasuk di dalamnya adalah memuliakan tamu yang kebetulan sedang bersilaturrahmi pada kita.

Tindakan ini diyakini sebagai salah satu amalan yang bisa memperlancar rezeki manusia, karena dengan rutin bersilaturahmi maka akan memdapatkan informasi yang berkaitan dengan aktifitas keduawian yanhg bisa menopang bertambahnya rezeki manusia itu sendiri.

Silaturrahmi adalah bukti ketaatan sekaligus amalan riil yang dapat mendektkan seorang hamba kepada Allah SWT. Serta sebagai simbol bahwa seorang hamba itu benar benar taat kepada Allah SWT (hlm. 143).

Pada dasaranya, manusia telah diwarisi sifat dan sikap yang beragam, keberagamam itu juga bisa berimplikasi terhadap etos kerja dan hasil yang didapatkan, maka dari segenap ikhtiyar yang telah dilakukan oleh manusia perlu diselaraskan dengan beberapa amalan yang sekali lagi bisa menopang kelancaran ikhtiyar itu sendiri. Sehingga hasilnya pun memuaskan.

Selain amalan amalan di atas, buku ini dengan lengkap menjelaskan beberapa amalan yang penting dilakukan manusia untuk melancarkan rezekinya, diantaranya adalah melakukan puasa pusaa sunnah, berhaji dan umrah, menikah, bersedekah, berbakti kepada orang tua, serta tawakkal pada Allah SWT.

Buku ini sangat penting untuk dibaca, mengingat pencaharian rezeki setiap seseorang kerap berujung pada hasil yang tidak sama, sehingga tak sedikit yang kadang menjadi putus asa lantaran hasil yang didapat tak sesuai dengan yang diharaokan. Maka buku ini menawarkan jurus jurus ampuh agar para pencari rezeki bisa mendapat hasil yang memuaskan. Semoga.

*Ahmad Wiyono, Jurnalis, Pengajar, Peneliti dan Pengasuh Rumah Baca “Haidar Pustaka” Pamekasan Madura


Tulisan ini dimuat di Kabar Madura

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons